Jan 20, 2011

Tips Cepat Mendapat Pekerjaan

Tips Cepat Mendapat Pekerjaan
Seringkali pelamar pekerjaan mengeluhkan dirinya sendiri karena kegagalannya diterima di sebuah lapangan pekerjaan padahal mereka yakin dengan aplikasi yang mereka miliki seperti IPK yang tinggi, lulusan terbaik sebuah Universitas ternama dan IQ yang tinggi.
Sebenarnya untuk lulus diterima di sebuah lapangan pekerjaan tidak hanya mengandalkan hal-hal di atas, namun beberapa trik-trik diperlukan agar sukses dalam penerimaan, seperti:

1.What Do I Need To Know about myself to job hunt? (apa yang harus saya ketahui dari diri sendiri sebelum melamar pekerjaan)
Jawabannya adalah: Pengetahuan (knowledge), Keterampilan (skills), Abilities (kemampuan), interest dan Value.

Hal-hal ini dapat anda ketahui melalui pertanyaan-pertanyaan seperti :
• Prestasi terbaik apa yang pernah anda raih?
• Apakah anda lebih senang berurusan dengan pekerjaan yang membutuhkan deadline atau flexible schedule? Apakah anda lebih senang bekerja sendiri atau team work? Apa anda lebih suka instruksi spesifik dan sesuai standar atau instruksi yang bebas dan tidak baku? Seberapa besar tantangan yang anda inginkan?
• Apa anda suka membawa pekerjaan kantor ke rumah atau menyelesaikannya di kantor saja? seberapa pentingkah uang atau prestise bagi anda? Atau waktu kumpul bersama keluarga?
• Apakah budaya organiosasi dan standar etika kantor penting bagi anda?

2. What do i need to know about companies that might hire me? (mendapatkan informasi tentang perusahaan yang sesuai dengan skill, knowledge, interest saya)
• Cari deskripsi lowongan pekerjaan yang lengkap seperti di surat kabar,kantor pos,website,atau tanya teman anda yang telah berpengalaman dalam bidang pekerjaan yang sama seperti yang anda inginkan.
• Ketahui dengan lengkap nama dan alamat orang yang akan menerima surat lamaran kerja anda.
• Cari fakta-fakta tentang lapangan pekerjaan yang ingin anda masuki seperti budaya organisasi,tujuan organisasi, tantangan yang dihadapi oleh organisasi, dst
• Wawancarailah teman anda yang bekerja di tempat dimana anda ingin masuki agar anda mendapatkan kemantapan, pertanyaan-pertanyaan seperti ini mungkin anda perlukan:
- Apakah ada perubahan2 besar dalam tugas teman anda terhitung sejak awal masuk hingga sekarang?
- Apa bagian yang paling teman anda sukai dalam pekerjaannya
- Bagaimana cara teman anda mendapatkan pekerjaan itu?
- Mintalah rekomendasi dari teman anda apa sebaiknya yang harus dilakukan agar bisa memperbesar peluang sukses dalam penerimaan lowongan kerja.
Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment