Jan 20, 2011

Penyebab, Gejala Dan Perawatan Diabetes

Penyebab, Gejala Dan Perawatan Diabetes
Pengarang : Dr. Charles Buchar
Ringkasan ini diterjemahkan dari Diabetes Causes, Symptoms and Home Remedies.

Diabetes merupakan gangguan metabolisme yang terjadi di dalam tubuh dimana tubuh tidak dapat menghasilkan atau menggunakan insulin dengan baik, yaitu suatu hormon yang penting untuk mengubah gula, pati dan tambahan makanan menjadi energi.

Tubuh manusia harus menjaga kadar glukosa darah dalam kisaran yang sangat sempit, yang menjadi tanggung jawab Insulin dan Glukagon. Fungsi glukagon adalah membantu hepar untuk melepaskan glukosa dari sel hepar ke dalam sel darah, untuk membentuk energi.

Diabetes Melitus, sering disebut juga diabetes, pertama kali dikenal sebagai penyakit yang dikaitkan dengan kencing manis dan hilangnya massa otot secara ekstrim pada usia tua. Peningkatan kadar gula dalam darah mengakibatkan peningkatan pengeluaran glukosa dalam urin, itulah yang dimaksud dengan kencing manis.

Penyebab Diabetes

Warisan Genetik (Keturunan)
Hal ini merupakan salah satu faktor pendukung terjadinya DM yang kuat karena pewarisan genetik dari satu orang ke orang yang lain, dapat menyebabkan terjadinya diabetes. Hal ini tergantung ke seberapa kuat pengaruh ibu dengan diabetes, dengan tingkat resiko 2-3% untuk dapat menyebabkan diabetes pada anaknya, dan pengaruh ini akan lebih kuat jika kedua orang tua juga diabetes.

Usia
Semakin meningkatnya usia akan semakin meningkatkan resiko untuk terkena diabetes. Diabetes dapat terjadi pada semua usia, tetapi 80% terjadi di atas usia 50 tahun, dan insidensi meningkat seiring dengan peningkatan usia.

Diet yang Jelek
Gizi yang sesuai, yaitu konsumsi lebih banyak makanan yang mengandung protein dan serat. Makanan hasil olahan dari biji-bijian merupakan salah satu faktor resiko diabetes.

Obesitas dan Kegemukan
Overweight berarti memiliki berat yang lebih daripada sebelumnya. Konfrontasi insulin terjadi jika lemak dalam tubuh lebih dari 30%, BMI 25+, Lingkar pinggang >35 inchi pada wanita dan >40 inchi pada laki-laki.

Gaya hidup bermalas-malasan
Orang dengan gaya hidup yang inaktif lebih beresiko terkena diabetes, jika dibandingkan dengan seseorang yang berolahraga seminggu tiga kali.

Stres
Gangguan fisik maupun gangguan secara psikologis, kedunya merupakan faktor pencetus terjadinya penyakit. Setiap permasalahan dalam terapi kortikosteroid / ACTH dapat menyebabkan tanda-tanda ilmiah penyakit.

Gejala Diabetes
a. Merasa haus dan banyak minum.
b. Sering lapar dan suka makan-makanan manis
c. Sering buang air kecil terutama pada malam hari.
d. Kelelahan yang disertai tremor.
E. Susah tidur atau mengalami gangguan tidur.

Terapi Diabetes
Pengaturan diet pada diabetes merupakan faktor penting untuk mengendalikan peningkatan glukosa darah pada penderita diabetes. The American Diabetes Association (ADA) telah mengeluarkan peraturan tentang tata cara diet pada diabetes. Diet berdasarkan ADA adalah diet seimbang, dimana nutrisi mengandung rendah lemak, kolesterol dan gula . Jumlah kalori sehari-hari terbagi dalam tiga kali makan. Selama dua tahun terakhir, ADA mengeluarkan larangan tentang pemakaian gula. Namun, sejumlah kecil gula masih boleh dikonsumsi jika sangat menginginkannya.

Penurunan berat badan dan aktivitas berlebihan adalah salah satu terapi penting dalam diabetes. Penurunan berat badan dan aktivitas akan meningkatkan kerja insulin, yang akan mengontrol peningkatan glukosa dalam darah.

Perawatan di rumah untuk diabetes
a. Buatlah jus dari daun bilva dan parijataka sebagai obat alami diabetes. Ambil sebanyak dua sendok teh, dua kali sehari.
b. Makanlah buah anggur secara teratur.
c. Rebuslah daun pohon mangga 3-4 lembar pada pagi hari dan kunyahlah. Hal ini juga bermanfaat untuk menurunkan diabetes.
d. Tambahkanlah kacang kedelai dalam makanan anda. Kacang kedelai tidak mengandung gula dan merupakan sumber energi yang bagus untuk penderita diabetes.
e. Lakukan olahraga yang teratur untuk mengurangi resiko terkena penyakit pembuluh darah jantung dan juga mencegah diabetes yang lebih lanjut.
f. Hindari aktivitas yang terlalu berat dan stress yang berkepanjangan.
g. Hindari makan makanan manis, coklat, nasi, pisang, mangga, buah kering, minyak, cake dan pastries.
Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment