Jan 19, 2011

Kedelai Dapat Mencegah Kanker

Kedelai Dapat Mencegah Kanker
Ternyata kacang kedelai dapat memerangi dua jenis kanker yang paling berbahaya, yakni menghentikan penyebaran kanker prostat dan mencegah serangan kanker payudara. Demikian hasil dua penilitian yang dilansir Zee News, Jumat (14/1).

Penelitian pertama dilakukan para peneliti dari Universitas Northwestern. Mereka menemukan pil genistein yang mengandung isoflavon alami pada kacang kedelai. Jika dikonsumsi secara teratur, kata para peneliti, dapat memperlambat bahkan menghentikan penyebaran kanker prostat.

"Semua terapi yang dirancang untuk menghentikan pergerakan sel kanker gagal, karena terapi tersebut tidak efektif atau memiliki efek buruk bagi kesehatan manusia," kata Raymond Bergan, pimpinan penelitian. "Jika pil genistein bekerja efektif untuk menghentikan pergerakan sel kanker, maka semua terapi yang menggunakan obat tersebut akan memberikan hasil yang sama."

Penelitian kedua dilakukan para peneliti dari Universitas Buffalo. Mereka menemukan isoflavon yang dikandung kedelai dapat mengurangi resiko terserang kanker payudara. Wanita yang mendapatkan asupan isoflavon tinggi akan menurunkan resikonya terserang kanker payudara sampai 30% dan menurunkan resiko terserang tumor payudara sampai 60%.

Kedua penelitian itu memberikani titik terang bagi dunia kesehatan dan telah dipresentasikan pada konferensi American Association for Cancer Research di Philadelphia, Amerika Serikat.
Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment