Jan 19, 2011

Cara Mencegah Selulit

Cara Mencegah Selulit
Tips 1
KURANGI BERAT BADAN

Hal yang paling penting adalah untuk mengurangi berat badan Anda. Sebelumnya Anda harus menghitung terlebih dahulu Indeks Massa Tubuh (IMT) Anda, yaitu ’berat badan’ (BB) dalam kilogram dibagi ’tinggi badan’ dalam meter pangkat dua. Sebagai contoh misalnya, berat badan Anda 50 kg dan tinggi badan Anda 160 cm, maka IMT Anda adalah 50 dibagi dengan 1,62, yaitu 50 : 2,56 = 19,53.

Lalu setelah mendapatkan IMT Anda, jika masih kelebihan berat badan, silakan Anda memulai program pengurangan berat badan. Di antaranya adalah dengan olah raga teratur sebanyak 3-4 kali dalam seminggu, masing-masing 30 menit serta rencanakan diet Anda.

Tips 2
HINDARI MAKANAN YANG TIDAK SEHAT
• Makanan yang Terlalu Mengandung Banyak Kalori
Otomatis tinggi kalori atau lemak. Sekadar informasi, setelah mengkonsumsi 300 kkal gula, jumlah radikal bebas di tubuh akan meningkat 140 persen. Gula membuat serat-serat kolagen yang ada di arteri atau pembuluh darah mengeras. Akibatnya, sirkulasi tubuh melambat.
• Makanan yang Mengandung Lemak Jenuh
Dalam sekejap, kedua jenis lemak ini dapat melipatgandakan jumlah radikal bebas. Lemak jenuh umumnya ditemukan pada produk hewani, seperti daging, mentega, dan full-fat dairy products. Sedangkan lemak trans terdapat pada margarin. Batasi jumlahnya di bawah 30 persen dari asupan energi harian. Untuk lemak jenuh, tidak lebih dari 10 persen.

• Minuman Berkafein
Dalam jumlah sedikit, justru akan memperlancar sirkulasi dan metabolisme tubuh. Batasi hanya satu cangkir kopi atau teh setiap tiga jam dan jangan lebih dari dua atau tiga cangkir sehari.

• Makanan yang Mengandung Banyak Garam
Akibatnya, tubuh akan menghilangkan kelebihan garam dengan menahan cairan di dalam tubuh. Inilah yang menyebabkan terjadinya selulit. Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization) merekomendasikan konsumsi garam tak lebih dari lima gram per hari.

Tips 3
BIASAKAN MENGONSUMSI MAKANAN SEHAT
• Sayur-sayuran
Anda dapat mencoba buncis dan kacang polong yang mengandung kaya serat dan beberapa nutrisi--misalnya potasium yang membantu mengatasi masalah kelebihan cairan--protein, dan kalsium. Brokoli juga baik untuk membantu menghilangkan selulit karena mengandung alpha lipoic acid (mencegah pengerasan kolagen), selenium (memaksimalkan kerja vitamin C, E, dan beta karoten), serta kalsium.

• Buah-buahan
Meliputi alpukat, pisang, nanas, pir, semangka, jeruk, dan lain-lain. Alpukat memang tinggi kalori, namun mengandung asam lemak esensial yang baik bagi kesehatan kulit. Juga mengandung vitamin E dan beta sitosterol, serat yang membantu mengatasi masalah kolesterol. Pisang mengandung potasium dan vitamin B6, yang bermanfaat untuk mengatasi masalah kelebihan cairan dalam tubuh. Nanas memiliki manfaat antiperadangan dan membantu memperbaiki serat kolagen yang rusak. Selain itu, juga mengandung vitamin C. Pir bermanfaat sebagai detoksifikasi, karena mengandung yodium (mineral yang membantu menstimulasi metabolisme yang lambat), serat, dan potasium. Semangka mengandung likopen (sejenis antioksidan), potasium, dan serat yang berguna memperlancar pencernaan. Sebuah jeruk berukuran sedang memiliki 80 mg vitamin C (dua kali lipat asupan yang disarankan), yang bermanfaat untuk membentuk serat kolagen. Juga mengandung methoxyhted bioflavonoids, yang berguna memperlancar sirkulasi dan memperkuat pembuluh rambut.

• Daging-dagingan
Tidak selamanya makanan yang berasal dari hewani harus dihindari. Anda dapat memilih yang mengandung rendah lemak. Daging sapi mengandung conjugated linoleic acid (CLA) yang berfungsi untuk membakar lemak, serta zat besi agar Anda tetap bertenaga, terutama selama berolah raga. Daging ayam adalah satu dari sejumlah sumber protein yang terbaik, asal Anda tidak mengonsumsi kulitnya. Daging ikan seperti salmon, tuna, atau sardin mengandung asam lemak esensial dan prostaglandin (membantu memperlancar sirkulasi).
Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment