Jan 23, 2011

5 Langkah Jantung Sehat

5 Langkah Jantung Sehat
Pakar Kesehatan dari RS Heart Institut NewYork-Presbyterian, Holly Andersen, mengemukakan beberapa tips untuk meningkatkan kesehatan jantung juga kondisi kesehatan tubuh Anda secara menyeluruh.
Simaklah beberapa tips di bawah ini untuk menuju gaya hidup sehat dengan jantung yang sehat.

1. Cek tekanan darah, kolesterol, dan trigliserida.
Dengan mengecek tekanan darah, kadar kolesterol dan trigliserida secara rutin akan membantu Anda untuk memilih dari berbagai gaya hidup sehat yang akan Anda jalankan. Dengan melakukan pengecekan secara teratur juga akan membantu Anda mengontrol makanan yang anda konsumsi setiap harinya.

2. Jalan kaki.
Tidak hanya akan membuat Anda tampil lebih muda dan sehat, melakukan rutinitas berjalan kaki selama 20 sampai 30 menit per hari akan mengurangi risiko
kematian dini akibat berbagai masalah kesehatan sampai dengan 50%.

3. Tertawa.
Tertawa merupakan obat terbaik yang tidak memiliki efek samping. Tertawa selama 15 menit memberikan efek baik bagi jantung setara dengan senam aerobik selama 30 menit. Tertawa juga terkait dengan kesehatan pembuluh darah, peningkatan hormon otak yang dapat memperbaiki mood, serta mengurangi rasa sakit dan kecemasan.

4. Fokus pada lingkar pinggang, bukan berat badan.
Lingkar pinggang Anda mewakili kondisi kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan. Karena jumlah lemak di sekitar pinggang Anda secara langsung berhubungan dengan tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol tinggi yang akan meningkatkan risiko terserang diabetes.

5. Utamakan tidur malam berkualitas.
Tidur merupakan kunci dari kondisi tubuh yang baik. Kurang tidur akan berimbas pada berbagai macam masalah kesehatan. Kurang tidur juga akan meningkatkan tekanan darah, menyebabkan stres, meningkatkan nafsu makan, memperlambat metabolisme, meredam suasana hati, dan mengurangi fungsi kognitif.
Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment