Nov 18, 2010

Tips Melamar Pekerjaan (Pengalaman Bukan Syarat Mutlak)

Tips Melamar Pekerjaan (Pengalaman Bukan Syarat Mutlak)
Saat baru lulus kuliah, sering kali para calon pelamar ini bingung akan menulis surat lamaran pekerjaan seperti apa, karena pada umumnya banyak perusahaan yang mensyaratkan pengalaman kerja. Mau tak mau, hal ini membuat sebagian calon pelamar merasa minder lantaran selama kuliah nyaris tak punya pengalaman kerja.

- Sebelum melamar pekerjaan, cari tahu dahulu apa yang perusahaan inginkan. Umumnya perusahaan akan menginginkan calon karyawan yang bisa berkontribusi langsung.

- Untuk yang baru lulus kuliah, janngan pernah putus asa karena pengalaman yang dimaksud bukan melulu pengalaman kerja di perusahaan lain, tapi pengalaman di bidang industri yang akan digeluti. Misalnya, jika Anda ingin berkontribusi dan bekerja pada perusahaan periklanan, pastikan Anda memiliki kemampuan menggambar (lebih baik jika pernah menang lomba), mengkreasikan iklan, atau bahkan menulis karena sebuah biro iklan pastinya memiliki kebutuhan yang tinggi akan desainer grafis atau copy writer sebagai bagiannya.

- Lazimnya perusahaan mengharapkan orang yang dapat belajar dan menyesuaikan diri dengan cepat agar bisa berkontribusi secara maksimal.

- Tidak sedikit perusahaan yang lebih suka mencari sarjana fresh graduate ketimbang yang sudah berpengalaman agar bisa dididik sesuai visi dan misi perusahaan bersangkutan. Pastinya mereka yang terpilih umumnya memiliki prestasi, aktivitas dan kreativitas di atas rata-rata karena perusahaan mengharapkan kecerdasan dan kreativitas mereka akan berguna bagi perusahaan dan nantinya bisa berkontribusi secara maksimal.

- Saat kuliah, jangan hanya terpaku pada buku teks. Tak ada salahnya jika Anda sesekali membantu kegiatan kampus, mengikuti kegiatan ekstra kurikuler atau organisasi lainnya yang dapat mengasah kreativitas dan memberikan nilai tambah pada pengalaman hidup Anda.
Artikel Terkait

1 comments: