Nov 7, 2010

Tips agar Liburan Anda Nyaman dan Mengasyikkan

Tips agar Liburan Anda Nyaman dan Mengasyikkan
Persiapan matang sebelum liburan menjadi modal utama bagi Anda. Namun kondisinya bisa saja berubah ketika Anda sendiri belum pernah pergi ke tempat-tempat yang menjadi tujuan nanti. Bagaimana cara mengatasinya?

Berikut tujuh tips yang kami peroleh dari berbagai sumber :

1. Periksa jadwal penerbangan

Periksalah jadwal penerbangan Anda berikutnya mulai hari pertama datang. Beritahu nomor telepon Anda agar mudah dikontak oleh pihak maskapai tentang berbagai hal. Mulai dari penerbangan yang tertunda atau kenaikan tarif.

2. Lengkapi perjalanan dengan sebuah peta

Peta ini bisa membantu menemukan jalan-jalan yang lebih praktis dan benar. Apalagi jika peta itu dalam bentuk digital yang dilengkapi dengan teknologi GPS, sehingga bisa mendeteksi posisi Anda saat itu juga.

3. Bersikap tahu meski tidak tahu

Jangan pernah menunjukkan ketidaktahuan Anda di tempat yang baru dan belum pernah Anda kunjungi. Ingat, kejahatan bisa saja terjadi saat ada kesempatan. Namun jika kondisinya terdesak, bertanyalah kepada petugas dinas resmi atau polisi di kota itu.

4. Gunakan cek perjalanan saat pembelian

Seperti halnya penggunaan kartu kredit, dengan cek perjalanan yang berkualitas Anda pun bisa mengambil keuntungan yang sama dari asuransi tambahan yang ditawarkan.

5. Ambillah uang seperlunya

Hindari penarikan uang tunai dalam jumlah yang lebih besar. Selain bisa menarik perhatian para pelaku kejahatan, Anda pun akan sulit menyimpannya di dalam dompet atau tas.

6. Jangan mudah percaya

Meski Anda sudah melewati empat tahap di atas, kepercayaan terhadap orang-orang di tempat baru juga tetap diperhatikan. Jangan pernah menerima minuman atau makanan dari mereka, karena bisa saja didalamnya sudah dicampur dengan bahan-bahan kimia yang mengandung racun.

Jika Anda masih ragu melakukan perjalanan ke pusat perbelanjaan dan restoran di kota baru, manfaatkan saja taksi. Meski mahal, namun keselamatan Anda adalah hal yang paling utama.

7. Jangan menyimpan paspor Anda di tempat yang salah

Agar lebih aman, tinggalkan paspor dan surat-surat penting lainnya di dalam hotel dan bawalah salinannya di dalam tas kecil atau saku jika memang diperlukan pada saat terjadi pemeriksaan petugas.
Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment