Nov 2, 2010

Tips Agar Anak Rajin Menyikat Gigi

Tips Agar Anak Rajin Menyikat Gigi
Memang tidak mudah membiasakan anak untuk rajin mengosok gigi apalagi menjaga kesehatan giginya. Makanan manis favoritnya dan rasa malas saat menggosok menjadi beberapa faktor penghalang Anda.

Tetapi jangan dulu khawatir, empat tips yang dikutip dari sheknows mungkin bisa membantu Anda mengajarkan si kecil kepada kebiasaan menjaga kebersihan gigi yang baik.

1. Langkah awal
Kebiasaan menjaga kesehatan gigi sebaiknya dimulai dari awal kelahiran, bahkan sebelum gigi anak tumbuh. Selalu bersihkan gusi bayi dengan tissue khusus gigi setelah makan. Hal ini berguna untuk menghilangkan plak dan sisa-sisa makanan atau minuman. Tissue khusus gigi bisa ditemukan di apotek. Sering memberikan stimulasi oral sejak dini dapat membantu memperkenalkan kebersihan gigi pada anak.

2. Dua sikat lebih baik
Sebagian anak-anak sangat menikmati pengalaman pertama menggosok gigi, namun tidak sedikit yang menggunakan kesempatan ini untuk mengunyah sikat gigi. Hal inilah yang menyebabkan bulu sikat melebar. Untuk menghindari hal itu, sediakan dua buah sikat gigi untuknya dan dampingilah ia saat akan menggosok gigi.

Dampingi dan bantu anak menggosok gigi sampai usianya mencapai delapan tahun. Ini semua karena anak yang berusia dibawah delapan tahun belum memiliki kemampuan untuk melakukan sesuatu yang baik dengan sendirinya.

3. Coba alihkan perhatiannya
Jika anak tidak begitu menyukai acara menggosok gigi mereka, jangan samapi Anda kehabisan akal. Alihkan perhatiannya saat menggososk gigi dnegan mendengarkan
lagu atau cerita favoritnya. Buat waktu menggosok gigi menjadi lebih menyenangkan.

4. Coba pasta gigi lain
Jika si kecil tidak suka menggosok gigi bisa jadi karena rasa pasta giginya. Cobalah beberapa pasta gigi, ajak si kecil untuk memilihnya. Jika masih tidak juga suka, menyikat dengan air biasa lebih baik daripada tidak menyikat sama sekali.
Artikel Terkait

1 comments: