Nov 5, 2010

Rahasia Sukses di Pekerjaan dan Pergaulan

Rahasia Sukses di Pekerjaan dan Pergaulan
Anda bisa jadi menghabiskan lebih banyak waktu sebagai pekerja dibandingkan sebagai pribadi atau individu. Karena itu, mau tidak mau Anda harus bisa sukses sebagai karyawan sekaligus sebagai rekan kerja.

Memang, terkadang sangat membosankan jika harus menghabiskan banyak waktu untuk memikirkan pekerjaan dan menjaga komunikasi terus-menerus dengan rekan kerja. Meski begitu, demi kenyamanan hidup Anda dan hidup banyak orang, Anda tetap harus menjaga etika pergaulan bersama mereka, rekan kerja Anda. Lagi pula Anda tak mungkin bisa melakukan networking dengan baik dengan klien Anda jika Anda tak bisa menjalin hubungan baik dengan rekan kerja atau rekan satu tim Anda.

Sarah Ivens, dalam bukunya “A Modern Girl’s Guide to Networking”, mencoba memaparkan rahasia sukses seorang karyawan dalam menjaga hubungan baik dengan rekan kerja, sekaligus tampil baik dalam pekerjaan. Berikut rahasia yang diungkapkan Ivens dalam bukunya.

Hubungan dengan Rekan Kerja

1. Jangan mengambil barang milik rekan kerja

Sering kali kita meminjam pulpen, stapler, atau bahkan gelas rekan kita, tapi lupa mengembalikannya. Anda mungkin menganggap bahwa barang-barang tersebut hanya benda remeh-temeh, dan mungkin memang iya, tapi tak ada alasan juga untuk tidak mengembalikannya. Lagi pula jika ini terjadi terus-menerus, tentu Anda akan diingat sebagai rekan kerja yang tak pernah mengembalikannya barang yang dipinjamnya.

2. Tetap bersih

Anda tentu tak suka jika rumah Anda berantakan. Nah, perlakukan kantor Anda seperti rumah Anda. Jaga kebersihan meja Anda, dan terutama di sekitar area bersama di kantor. Jangan pernah meninggalkan sampah atau sisa makanan di area bersama.

3. Jangan berlaku agresif

Jika Anda kesal kepada rekan kerja, jangan berteriak atau melakukan kekerasan fisik kepadanya. Lakukan dengan gaya yang elegan. Ingat, lakukan segalanya dengan mempertimbangkan reputasi dan harga diri Anda sebagai orang baik-baik.

4. Tatap muka lebih baik

Tak peduli bahwa Anda sudah dikelilingi berbagai teknologi komunikasi canggih seperti telepon atau chatting, usahakan untuk tetap selalu bertatap muka setiap kali berbicara dengan rekan kerja Anda. Apalagi jika jaraknya hanya beberapa langkah dari meja Anda, hampiri dia untuk mendapatkan pesan yang lebih jelas dan lebih akrab. Bagaimanapun, tatap muka akan membuat Anda dan lawan bicara menjadi lebih dekat dan personal.

5. Dapat dipercaya

Ini syarat penting untuk menjadi rekan kerja yang kredibel dan bisa diandalkan. Jangan pernah menceritakan rahasia pribadi rekan kerja kepada rekan yang lain tanpa seizin orang tersebut. Jika Anda melakukan ini, maka selamanya Anda akan dianggap sebagai rekan yang tidak bisa dipercaya.

6. Kerjakan tugas

Anda sendiri Jangan berharap ada rekan kerja yang mau menolong Anda mengerjakan tugas Anda. Bertanggung jawablah dengan tugas Anda sendiri karena masing-masing juga mengerjakan tugasnya sendiri.

7. Ikut menyumbang

Setiap kali ada acara berkumpul bersama rekan kerja atau ada rekan kerja yang sakit, Anda harus turut menyumbang untuk acara tersebut. Anda tentu tidak mau disebut sebagai rekan kerja yang kikir, bukan?

8. Jangan makan teman

Menggosipkan teman sendiri, apalagi menusuk dari belakang adalah hal paling haram dalam dunia kerja. Jika Anda sekali saja melakukan hal ini, maka rekan kerja yang lain akan berpikir bahwa suatu saat nanti, Anda akan melakukan hal yang sama kepadanya. Karena itu, berlakulah dengan bersih, jangan bermain kotor.

9. Jangan jadi penjilat

Asal Anda tahu, penjilat adalah musuh bagi rekan kerja yang lain. Bukan hanya musuh, Anda akan dianggap sebagai orang yang rendah dan tak punya harga diri.

10. Hargai prestasi orang lain

Jika ada rekan kerja yang meraih sukses, berilah ia ucapan selamat dan hargai usahanya. Jika Anda iri pada keberhasilannya, jadikan hal tersebut sebagai pemicu agar Anda bekerja lebih keras dan lebih baik.

Rahasia Sukses Bekerja

1. Bekerja tim Bekerja baik dengan anggota tim dan perlakukan mereka dengan baik tanpa harus Anda menuruti semua kemauan mereka.

2. Mulailah dengan niat baik Jika Anda harus mengerjakan sesuatu dari bawah, lakukan dengan senang hati. Jika Anda harus menjadi asisten dari rekan kerja Anda, lakukan tanpa mengeluh. Setiap orang hebat sering kali harus memulai dari bawah terlebih dahulu. Yang penting, Anda bisa mengambil pelajaran dari pekerjaan- pekerjaan yang telah dilakukan.

3. Bijak bersikap Anda mungkin tak bisa menyukai semua orang di kantor Anda. Jadi, Anda tak perlu berteman dengan semua orang. Cukuplah bersikap profesional dan adil dengan orang yang tidak Anda sukai tersebut. Bagaimanapun, Anda tak mungkin menyebar kebencian di tempat kerja.

4. Hidup seimbang Walau Anda butuh kesuksesan kerja, hidup tetaplah harus seimbang. Jangan habiskan hidup Anda untuk memikirkan pekerjaan. Pandailah memilah, kapan saatnya bekerja dan kapan saatnya untuk kehidupan pribadi.

5. Simpan data penting di rumah Simpanlah CV terbaru Anda di rumah, juga data-data penting menyangkut kualifikasi Anda. Ini penting jika suatu saat Anda harus segera keluar dari kantor dan tidak lagi bekerja di sana.

6. Selalu menjaga hubungan baik Jika Anda pindah ke perusahaan lain, tetaplah menjaga hubungan baik saat akan meninggalkan perusahaan yang lama. Anda tak akan pernah tahu siapa yang akan Anda temui dan siapa yang akan bekerja sama dengan Anda di perusahaan baru. Ingat, dunia itu sempit. Anda bisa saja berhubungan lagi dengan orang-orang di perusahaan lama.
Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment