Nov 7, 2010

Manfaat Seks Bagi Kesehatan

Anda pasti sudah sering mendengar berbagai manfaat seks. Contohnya, seks bisa membakar kalori, menenangkan, mengurangi stres, atau membuat Anda tidur lebih nyenyak. Namun ternyata, masih banyak manfaat seks yang belum terungkap. Semakin Anda sering melakukannya, semakin banyak keuntungan yang Anda dapatkan. Silakan cek beberapa di antaranya:

Mens lebih teratur
Para ahli endokrinologi di Universitas Columbia dan Universitas Stan­ford mendapati bahwa perempuan yang berhubungan seks setidaknya seminggu sekali akan membuat siklus menstruasinya lebih teratur, daripada mereka yang hanya melakukannya sebulan sekali.

Gigi lebih sehat
Sebelum melakukan seks oral untuk si dia, tentu Anda dan pasangan harus sama-sama memastikan tubuh dalam keadaan bersih, termasuk gigi. Namun ketika melakukan seks oral, jangan takut untuk bersentuhan dengan spermanya. Sebab, cairan mani mengandung seng, kalsium, dan mineral lain yang terbukti mampu melawan kerusakan gigi.

Mengontrol buang air kecil
Ingin bisa nonton DVD CSI: Miami secara maraton tanpa harus bolak-balik ke kamar mandi? Hal ini bisa terjadi bila Anda sering berhubungan intim. Seks membentuk otot-otot panggul yang menyokong rahim, kandung kemih, dan usus, sehingga mampu mengontrol buang air kecil lebih baik.

Mengurangi rasa sakit
Saat mencapai orgasme, tubuh Anda melepaskan oksitosin, hormon yang bersifat menenangkan. Ketika Anda berhubungan seks makin sering, tubuh juga melepaskan endorfin, yang membantu meringankan rasa sakit dari sendi, dan kram saat menstruasi.

Seks makin sering
Bersiaplah untuk menikmati kehidupan seksual yang makin bergairah. Sebab, Michele Weiner Davis, penulis buku The Sex-Starved Wife, mengatakan, "Makin sering Anda berhubungan intim, Anda cenderung akan makin memproduksi testosteron, salah satu hormon utama yang menciptakan hasrat seksual."

Merelakan
Anda tergolong perempuan yang agresif, atau dominan? Hubungan seks tentu melibatkan pasangan, yang mengharuskan Anda mengontrol emosi dan perilaku di atas ranjang. Dengan seks yang hebat, Anda lebih rela diatur atau diarahkan oleh pasangan. Pendek kata, apapun demi kebahagiaan Anda berdua.

Percaya diri
"Ketika hubungan seks berjalan lancar di tempat tidur, dan Anda mampu menyenangkan pasangan, Anda akan merasa lebih percaya diri dan powerful dalam setiap tahap hidup Anda," demikian menurut Sandor Gardos, PhD, pendiri MyPleasure.com.

Mencegah kanker
Seks juga memberikan manfaat yang luar biasa untuk pria. Menurut Journal of the American Medical Association, semakin sering pria berejakulasi, semakin berkurang kecenderungannya untuk mengembangkan kanker prostat.

Memperlambat penuaan
Dalam bukunya, Secrets of the Superyoung, David Weeks, MD, pakar neurofisiologi dari Royal Edinburgh Hospital, Scotlandia, menuliskan, "Kehidupan seks yang aktif akan memperlambat penuaan." Sebab seks memperlancar peredaran darah, sehingga membuat wajah Anda berseri.

Meningkatkan kekebalan
Anda mudah terserang flu? Mungkin Anda butuh seks lebih sering. Para peneliti di Wilkes University di Pennsylvania mengungkapkan bahwa bercinta sekali atau dua kali seminggu akan mendongkrak sistem kekebalan tubuh hingga 30 persen. Jadi, tak perlu lagi obat-obatan pencegah flu!

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...