Nov 5, 2010

Makanan Super untuk Kesehatan Prima

Makanan Super untuk Kesehatan Prima
Salah satu cara terbaik untuk menjaga sistem imun tetap kuat, mencegah pilek dan flu adalah dengan menjaga diet kaya buah dan sayuran. Buah dan sayuran yang termasuk salah satu makanan super mengandung antioksidan penguat sistem imun.

Antioksidan adalah vitamin, mineral, dan nutrien-nutrien lain yang melindungi dan memperbaiki sel-sel dari kerusakan yang disebabkan radikal-radikal bebas. Banyak ahli menduga, kerusakan ini berperan penting dalam sejumlah pnyakit kronik. Mulai dari pengerasan arteri atau atherosclerosis, kanker dan arthritis. Radikal-radikal bebas juga menghambat sistem imun. Mencegah kerusakan dengan antioksidan membantu sistem imun kuat, membuat kita bisa mencegah pilek, flu, dan infeksi-infeksi lainnya secara lebih baik.

Para ahli menemukan, sebagian makanan mengandung antioksidan lebih tinggi dibanding makanan lainnya. Tiga vitamin antioksidan utama adalah betakaroten, vitamin C, dan vitamin E. Bisa ditemukan dalam buah-buahan dan sayur-sayuran warna-warni, terutama yang berwarna biru, ungu, merah, oranye dan kuning. Untuk mendapatkan khasiat terbesar dari antioksidan, makan makanan ini dalam keadaan mentah atau dikukus sebentar, jangan dimasak atau direbus terlalu lama.

Cara mendapatkan:
Berikut, sumber makanan yang mengandung antioksidan.

Betakaroten dan karotenoid lainnya
Terdapat pada aprikot, asparagus, bit, brokoli, cantaloupe, wortel, jagung, paprika merah, kale, mangga, nectarine, peach, pink grapefruit, labu, bayam, ubi jalar, jeruk tangerine, tomat dan semangka.

Vitamin c
Dapat ditemukan dalam buah-buahan berry, brokoli, Brussels sprouts, cantaloupe, kembang kol, grapefruit, melon, kale, kiwi, mangga, nectarine, jeruk, pepaya, paprika merah, hijau, kuning, kapri, ubi jalar, stroberi dan tomat.

Vitamin E
Dapat ditemukan dalam brokoli, wortel, mustard, dan turnip greens, mangga, kacang-kacangan (nut), pepaya, labu kuning, paprika merah, bayam, dan biji bunga matahari.

Makanan super yang lain
Makanan super lainnya yang kaya antioksidan antara lain: prune, apel, kismis, semua berry, plum, anggur merah, alfalfa sprouts, bawang bombay, terung, kacang sayur (bean). Antioksidan lain yang juga dapat membantu meningkatkan sistem imun antara lain:

Zinc
Ditemukan di dalam kerang, daging merah, unggas, sayur kacang (bean), kacang-kacangan (nut0, seafood, padi-padian utuh, serealia yang difirtifikasi, dan produk susu.

Selenium
Ditemukan dalam Brazil nut, tuna, daging sapi, unggas, roti yang difortifikasi dan produk padi-padian lainnya.

Dosis tepat:
Untuk kesehatan optimal dan fungsi imun, Anda harus mendapatkan Angka Kecukupan Gizi (AKG) dari vitamin dan mineral-mineral antioksidan. Jumlah ini diperlukan untuk tetap sehat dan mencegah kekurangan. Berikut, AKG untuk beberapa antioksidan.

Zinc: 11 mg untuk pria, 8 mg untuk perempuan.

Selenium: 55 microgram untuk pria atau perempuan. jika Anda vegetarian, Anda perlu makan lebih banyak 50%. Sebabnya adalah, tubuh mengabsorp lebih sedikit selenium dari makanan tumbuhan.

Beta karoten: Tak ada AKG untuk beta karoten. Tetapi Institute of Medicine mengatakan, mendapatkan 3 sampai 6 mg beta karoten setiap hari membuat tubuh mendapatkan kadar yang dapat menurunkan risiko penyakit kronik.

Vitamin C: 90 mg untuk pria, 75 mg untuk perempuan. Perokok harus mendapatkan ekstra vitamin C: 125 mg untuk pria, 110 mg untuk perempuan.

Vitamin E: 15 mg untuk pria dan perempuan.

Cara makanan meningkatkan sistem imun:
Makanan mengandung berbagai jenis nutrien yang bekerja bersama meningkatkan kesehatan. Para ahli yang meneliti antioksidan kompleks yang dikandung dalam buah dan sayuran menemukan khasiat dari:

Quercetin
Sejenis zat kimia dari tumbuhan atau phytochemical, ditemukan dalam apel, bawang bambay, teh, wine merah, dan makanan-makanan lain.
Khasiat:
Mencegah inflamasi dan dapat membantu mengurangi alergi.

Luteolin
Sejenis flavonoid yang banyak terdapat di dalam seledri dan paprika hijau.
Khasiat:
Memerangi inflamasi. Studi menemukan luteolin dapat membantu mencegah kondisi inflamatoryotak seperti Alzheimer.

Catechin
Sejenis flavonoid yang ditemukan di dalam teh.
Khasiat:
Catechin di dalam teh dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, kanker, dan penyakit Alzheimer.
Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment