Nov 5, 2010

Kiat Menjadi Orangtua Yang Sukses

Kiat Menjadi Orangtua Yang Sukses
Anda pasti tahu, tak ada jalan pintas menjadi orangtua yang baik. Menjadi orangtua itu tidak mudah. Tapi ada hal-hal yang bisa dilakukan untuk membuat tugas ini sedikit lebih mudah, apapun situasi Anda. Apakah Anda punya 1 anak atau 6 anak, Anda akan sukses.
Menjadi orangtua beda dengan pekerjaan lainnya di dunia. Bayarannya membingungkan. Tak ada izin sakit atau izin tidak bekerja. Setiap orangtua punya hari-hai yang membuat tidak waras, tapi bahkan di hari seperti inipun, Anda dapat menciptakan realita yang baik untuk diri sendiri.

Mulai dengan langkah mundur
Jika anak balita ANda menjerit, menangis berguling-guling di lantai, atau anak praremaja Anda bertingkah, Anda mungkin sulit untuk tenang. Jadi, pastikan anak Anda berada di tempat yang benar-benar aman (di ranjang bayi atau di kamar yang aman di dalam rumah) jangan menyerahkan kunci mobil pada anak yang lebih besar dan luangkan waktu 10 menit untuk diri sendiri. Jika Anda harus menyalakan keran air untuk menutupi suara teriakan anak, lakukan. Gunakan waktu 10 menit untuk menenangkan diri.Telepon sahabat karib, update status facebook atau bahkan cat kuku. Lakukan sesuatu yang bisa mengalihkan pikiran Anda dari situasi saat itu.

Setel timer
Ketika kembali ke anak-anak, setel timer. Anda akan dapat menangani anak yang menangis, perang pekerjaan rumah, rengekan atau apapun yang lainnya selama 10 menit. Anda mungkin menemukan semua itu selesai ketika timer berbunyi. Jika tidak, timer sendiri mengalihkan perhatian untuk anak yang lebih muda. Untuk anak yang lebih tua, cukup katakan "Sorry, waktunya selesai, kamu bisa kerjakan yang lainnya atau ke kamar tidur untuk melanjutkannya.

Kreatif
Yang menyenangkan dari menjadi orangtua adalah, Anda merasa dikit demi sedikit menjadi ahli. Anda bisa bereksperimen dengan semua waktu untuk menemukan apa yang jalan.Dan apa yang jalan hari ini kemungkinnan tidak pada keesokannya. Intinya adalah, jangan takut untuk mencoba sesuatu yang baru, anak balita Anda menjadi tenang dengan musik tertentu. Anak remaja Anda mungkin setuju untuk bergabung dan ngobrol Anda. Anda tak akan tahu jika tidak mencoba.

Tetapkan tuntutan atau permintaan
Anda mungkin tak akan berhasil jika bilang pada anak umur 6 bulan, bahwa Anda mengharapkan waktu istirahat yang tenang di hari itu. Tapi dengan anak yang lebih tua,bahkan yang berumur 3 atau 4 tahun. Anda dapat menetapkan tuntutan yang jelas dan anak Anda mungkin akan mengagetkan Anda. Pastikan tuntutan atau permintaan Anda realitas. Anak umur 4 tahun tak akan bisa bermain tenang selama 2 jam, tapi Anda bisa menyuruhnya tinggal di kamarnya dan bermain selama 2 menit sambil Anda menyiapkan teh. Anak remaja Anda pasti paham. Anda mengharapkan mobil Anda kembali dengan kondisi yang sama jika dipinjam, terutama jika juga terdapat akibat dari permintaan tersebut.

Bayangkan Anda ideal
Ambil waktu 5 menit untuk duduk dan tuliskan hari ideal Anda.Lalu pikirkan apa yang bisa dilakukan untuk keluar dari sana. Perubahan apa yang harus dilakukan? Apa yang bisa Anda lakukan saat ini untuk memulai jalan ideal? Anda mungkin mengagetkan diri sendiri ketika memulai eksperimen ini. Anda mungkin jauh lebih dekat dengan ideal Anda dibanding yang Anda duga.
Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment