Nov 5, 2010

Ketrampilan Esensial untuk Melamar Kerja

Ketrampilan Esensial untuk Melamar Kerja
Sesudah lulus dari perguruan tinggi dan masuk pasar kerja, Anda perlu menunjukkan kepada bos Anda, bahwa Anda punya modal untuk sukses.
Berikut, keterampilan mendasar yang dibutuhkan lulusan baru dan tips cara menunjukkannya kepada bos Anda.

YANG HARUS DIMILIKI

Komunikasi
Memo kerja bukan teks pesan, bos ingin pekerja yang dapat menghasilkan laporan tertulis dan teratur tanpa kesalahan ejaan atau kesalahan tata bahasa. "Menurut saya, bagian itu sangat penting, termasuk komunikasi oral," kata Ruth Prochnow, konselor karier.

Teknologi
Sebagian pekerjaan memerlukan ketrampilan-ketrampilan khusus seperti tahu bahasa programming.Tapi bahkan untuk orang-orang pada pekerjaan non teknis pun, ketrampilan komputer itu sangat penting. "Kita harus bekerja secara sangat efektif dan efisien, teknologi memberi kita alat yang membuat kita bisa melaksanakannya," kata Norm Meshriy,konselor karier dan pemilik Career Insights.

Kepemimpinan
Perusahaan-perusahaan memangkas bagian management dalam tahun-tahun terkir ini. Jadi mereka kini mencari kepemimpinan pada setiap level dan organisasi.

Kerja tim
Perusahaan menginginkan pekerja yang bisa menjadi bagian yang produktif dari sebuah tim. Ini berarti bisa bekerja sama dengan rekan kerja,menetapi deadline, dan bersedia turun tangan untuk menyelesaikan proyek ketimbang berkata,"Itu bukan tugas saya!'
Kendati pun banyak sekolahyang mengajarkankerja tim, banyaksekolahyang masihmenekankanprestasi individual. Kerja paruh waktu dan kegiatan ekstrakurikuler sering harus bekerja sama dengan orang ain untuk mencapai tujuan.
"Untuk mengerjakan hampir segala sesuatu dalam hidup, kita harus bekerja sama," kata Meshriy.

Mandiri
Sekilas tampak lawan dari kerja tim. Tapi bos juga ingin pegawai yang dapat bekerja secara mandiri.

Dapat menyesuaikan diri
Bisa menulis memo tradisional tapi juga lancar dalam mengirim pesan. Jadi pemimpin tapi juga pemain tim dan bekerja secara mandiri.Rekan kerja dan bos datang dan pergi. Prioritas berubah. Penting untuk dapat menyesuaikan dengan permintaan-permintaan dan bahkan bekerja disaat yang tidak pasti.

Pupuk ketrampilan Anda
Tantangan baru bagi para lulusan baru adalah dengan riwayat pekerjaan tipis, akan sulit menunjukkann semua ketrampilan yang dicari bos. Kadang, itulah yang harus Anda lakukan. Magang dan kerja paruh waktu terutama sangat penting. Kerjakan tugas ini secara serius. Kadang yang diuji adalah apa yang Anda kerjakan.
Jadi relawan di tempat penampungan tuna wisma, jadi sport tim dapat membantu menunjukkn sifat-sifat baik yang ingin dilihat bos. Pikirkan kisah yang menggambarkan setiap ketrampilan Anda, tindakan-tindakan yang Anda ambil untuk memenuhinya dan hasilnya. Jika pewawancara bertanya, bagaimana kerja tim, ceritakan riwayat kerja tim Anda.
Sebaiknya punya beberapa cerita sehingga Anda tidak menceritakan hal yang sama secara terus menerus.
Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment