Nov 2, 2010

Jangan Terlalu Baik Di Tempat Kerja

Jangan Terlalu Baik Di Tempat Kerja
Memberikan perhatian kepada teman kantor tentu saja merupakan hal yang normal. Tapi, terlalu perhatian pada teman kerja ternyata bisa menghambat karir.

Banyak cara untuk menjalin hubungan baik di kantor. Salah satunya adalah membantu pekerjaan teman ketika sedang dibutuhkan.

Tapi hati-hati, semua itu ada batasnya. Jangan sampai karena terlalu asik membantu teman, kerjaan Anda sendiri tak terselesaikan.

Penilaian Anda pun terancam menjadi buruk. Nah, agar tak terjadi hal tersebut berikut ini adalah daftar kebaikan yang Anda tidak perlu dilakukan setiap hari di kantor, seperti dikutip dari woman article.

1. Merasa Bersalah ketika Anda harus menolak
Kita sering mengalami situasi yang sulit untuk menolak permintaan rekan kerja. Namun, jika selalu menyetujui permintaan rekan kerja, Anda akan kehilangan waktu untuk menyelesaikan pekerjaan. Mulailah berani untuk mengungkapkan penolakan dengan berkata tidak.

2. Terlalu mudah untuk minta maaf
Lebih baik simpan permintaan maaf Anda untuk kesalahan yang lebih besar. Hal ini dapat dimulai dengan memberikan penilaian yang obyektif tentang kesalahan Anda dan bagaimana Anda bisa memperbaikinya. Anda juga dapat bertanya solusi lain kepada atasan Anda.

3. Kerja Non Stop
Gunakan waktu luang Anda dengan bijaksana. Bekerja non-stop malah membuat pekerjaan tidak efisien dan kompeten. Hal ini juga membuat Anda tidak produktif dan kreatif. Kelelahan akan mengurangi konsentrasi dan akurasi. Ambil waktu rileks selama 90 menit setiap harinya.

4. Pasif saat rekan kerja mencuri ide Anda
Tindakan pasif merupakan hal yang sering terjadi ketika seseorang mencuri gagasan milik Anda. Kondisi tersebut sangat menyebalkan, tetapi akan lebih menyebalkan lagi ketika Anda hanya melihatnya dan mengabaikannya.

Untuk menghindari hal tersebut terjadi, Anda harus memberitahu orang lain bahwa Anda yang mencetuskan gagasan tersebut dan tidak perlu merasa ragu untuk memberitahu pada rekan lain ketika seseorang mencuri ide Anda.

5. Takut meminta waktu tambahan
Anda mendapat proyek dan diberi estimasi waktu untuk menyelesaikannya. Namun, Anda masih ragu apakah Anda bisa menyelesaikannya. Jika kondisi tersebut terjadi, lebih baik untuk meminta waktu tambahan. Banyak karyawan yang ragu dalam meminta waktu tambahan kepada atasan. Berikan alasan yang tepat, katakan bahwa Anda bisa bekerja lebih baik jika mendapatkan tambahan waktu.
Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment