Nov 11, 2010

4 Makanan Menghambat Penuaan

4 Makanan Menghambat Penuaan
Kini telah hadir berbagai upaya untuk menunda tanda-tanda penuaan seperti melalui beberapa jenis operasi. Padahal inti dari pencegahan tanda-tanda penuaan hanyalah dengan memanjakan struktur kulit, kolagen, dan serat elastin yang membuat kulit wajah Anda selalu tampak halus.

Sebelum kita mengetahui bagaimana sebenarnya cara tepat mencegah tanda-tanda oenuaan, ada baiknya kita terlebih dulu mengenali penyebab hal yang terjadi secara alamiah tersebut.

1. Penyebab
Tanda-tanda penuaan terutama seperti keriput dipicu oleh berbagai faktor seperti pertambahan usia, paparan sinar matahari, rokok, genetis, pola makan seperti konsumsi makanan yang tinggi karbohidrat dan lemak tak jenuh. Semua faktor itu berkontribusi mengiskis kolagen dan elastin yakni serat-serat yang menjaga kulit agar tetap halus, elastis, dan mulus.

Saat menganalisis kulit 453 perempuan asal Autralia, Yunani, dan Swedia, pada dermatolog menemukan bahwa pola makan sehat ternyata tak dapat mengatasi kerusakan kulit seseorang yang disebabkan rokok atau kulit tak terlindungi dari sinar matahari.

2. Pencegah
Meski begitu, para dermatolog tersebut pun merekomendasikan beberapa makanan yang mesti dikonsumsi dan dihindari guna mencegah tanda-tanda penuaan dini.

Makanan yang sebaiknya dikonsumsi yakni minyak zaitun, susu rendah lemak, air putih dan teh, buah dan sayuran, telur, dan kacang-kacangan. Adapun makanan yang mesti dihindari antara lain mentega, kue-kue kering, minuman bersoda, susu berlemak, dan kentang.

Adapun berikut beberapa cara yang bisa Anda terapkan pada pola makanan guna mencegah tanda-tanda lenuaan muncul lebih dini di antaranya:

a. Makan lebih banyak buah dan sayur
Ketika tim peneliti Inggris memantau pola makan dan kerutan sebanyak 4.025 perempuan paruh baya, mereka menemukan bahwa makanan kaya vitamin C mampu mengurangi kerutan muncul lebih dini hingga 36 persen. Vitamin sekaligus antioksidan ini mampu melindungi kulit dari radikal bebas yakni molekul pada oksigen yang merusak kolagen.

Mengasup banyak makanan bervitamin C sangatlah mudah. Coba perbanyak makan buah beri atau jus jeruk untuk sarapan, paprika merah dan anggur untuyk makan siang serta brokoli untuk makan malam.

b. Makan salmon
Ikan salmon kaya akan asam lemak omega 3 yang memang sebelumnya dinyatakan mampu mengurangi timbulnya tanda-tanda penuaan dini hingga 25 persen. Selain salmon, makanan lain yang juga kaya omega 3 yakni kenari, minyak canola, minyak ikan dalam bentuk kapsul, dan biji rami.

c. Minum cokelat hangat tanpa gula
Setelah diteliti, zat antioksidan yang bernama epicatechin dan catechin yang terkandung dalam cokelat mampu melindungi kulit dari kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari dan mendorong sirkulasi sel-sel kulit.

d. Hindari roti putih dan gula
Setiap 50 gram karbohidrat yang kita konsumsi setiap harinya meningkatkan risiko munculnya kerutan pada kulit hingga 28 persen. Hal itu mungkin disebabkan banyaknya molekul glikasi dari gula dan protein yang akan merusak kolagen dan elastin.
Artikel Terkait

1 comments: