Nov 7, 2010

13 Strategi Menghadapi Senior di Kantor

13 Strategi Menghadapi Senior di Kantor
Memasuki dunia kerja kerap kali membuat para pekerja baru merasa deg-degan dan was-was. Salah satu yang kadang bikin senewen adalah menghadapi senior. Langkah-langkah berikut bisa membantu Anda mencairkan rasa kekakuan yang terjadi di antara Anda dan para senior.

1. Rajin menyapa
Di mana pun Anda berada, berlaku hukum alam: yang junior menghormati senior. Ini pun berlaku saat Anda memasuki dunia kerja. Hargailah para senior di kantor Anda, karena mereka sudah ada di sana sebelum Anda datang. Rajin menyapa dengan hangat tanpa pura-pura, akan menjadi cara membuka komunikasi yang baik. Tetapi jangan terlalu rajin, ya, nanti mereka malah ilfil.

2. Jaga sikap
Perlakukan para senior dengan kesopanan yang memadai, tidak berlebihan. Pintar-pintarlah menyesuaikan diri dengan lingkungan kantor. Kalau rekan-rekan di sana menyukai ketenangan, hindarilah bersuara dengan melengking tinggi atau menelepon dengan suara keras.

3. Banyak tanya
Bertanya sebanyak mungkin tentang tugas-tugas yang akan Anda kerjakan. Bila belum jelas, jangan sungkan bertanya lagi. Lebih baik banyak bertanya hingga pekerjaan Anda tuntas, daripada Anda dianggap tak mampu melakukan pekerjaan baru. Tanyakan pula tentang pengalaman para senior itu selama bekerja. Bila mereka senang bekerja di perusahaan tersebut, Anda akan banyak menyerap informasi yang baik untuk memuluskan Anda melakukan pekerjaan. Tetapi, jangan terlalu banyak bertanya juga sehingga mengganggu pekerjaan si senior.

4. Ajak diskusi
Bila Anda ditugaskan melakukan hal yang baru, ajak mereka untuk diskusi. Mereka akan senang jika keberadaan mereka Anda hargai. Meski Anda punya pendapat sendiri, jangan halangi keinginan mereka untuk mengeluarkan pendapat. Mereka akan merasa dihargai, dan Anda akan mudah untuk mensosialisasikan program baru.

5. Keputusan bersama
Ajak para senior menjadi bagian mengambil keputusan dari program atau proyek Anda. Dengan demikian, Anda akan mendapat dukungan dari hal yang sedang dikerjakan. Bukan tidak mungkin dengan pengalaman yang mereka miliki, Anda akan banyak terbantu.

6. Beri pujian
Jangan pelit memberikan pujian yang layak bagi kaum senior atas apa yang mereka lakukan. Hal ini bukan berarti menjadi penjilat. Ini mendatangkan hal baik bagi senior dan diri Anda.

7. Dress code
Perhatikan penampilan Anda. Bila memungkinkan, kenakan busana dan gaya pakaian yang hampir mirip dengan mereka. Hal ini bukan membuat Anda menjadi sama dengan mereka. Walaupun hampir sama, Anda tetap dapat menunjukkan pesona diri Anda. Tetaplah menjadi diri Anda. Misalnya saja, kalau mereka berpakaian rapi dan sopan, upayakan Anda pun demikian. Ini menjadi salah satu upaya mudah beradaptasi untuk diterima di suatu lingkungan. Di sisi lain, Anda tidak melakukan hal yang merugikan, kok. Perhatikan juga kebersihan sepatu, rambut, makeup, dan kuku. Pokoknya, jadikan diri Anda nyaman dilihat.

8. Ngopi bareng
Bila sedang santai, tidak ada salahnya ikut nimbrung dengan mereka untuk minum kopi, makan siang, atau beberapa acara kantor.

9. Sediakan telinga Anda
Upayakan berkomunikasi dengan ramah. Menjadi pendengar yang baik pun akan membantu Anda. Namun begitu, jangan biarkan Anda terlibat dalam gosip yang tidak penting.

10. Jaga privasi
Jaga informasi hal pribadi dengan baik. Menjadi pribadi terbuka memang baik, tetapi jangan terlalu terbuka tentang pribadi Anda. Ingat tempat ini merupakan tempat bekerja, jadi rekan sekerja hanya merupakan rekan kerja. Berbeda kalau dengan sahabat Anda. Ada hal yang Anda buka, namun tetap sisakan beberapa detail privasi Anda.

11. Hadiah kecil
Tak ada salahnya, bila proyek Anda ada yang berhasil, Anda memberikan sedikit hadiah bagi rekan-rekan senior. Misalnya saja, memesan pizza dan atau makanan kecil lainnya dan menyantapnya beramai-ramai. Tindakan ini memang terlihat seperti menyogok, tapi kalau membuat orang lain senang, why not?

12. Serius santai
Ada kalanya Anda tidak perlu terlalu serius bila bicara dengan para senior. Sesekali ada baiknya Anda selingi dengan mengobrol santai yang topiknya ringan, yang tak harus mengerutkan kening. Beri selingan humor yang lucu dan menarik. Coba cari humor menarik di internet, buku, atau majalah. Perlu diingat, pilihlah humor yang tidak berbau vulgar atau SARA.

13. Easy going
Jangan menganggap senior adalah serigala yang akan memakan Anda di kantor. Anggap saja mereka teman baru Anda. Kalau dipikir-pikir, mereka juga sama salting-nya seperti Anda ketika mereka baru pertama kali bekerja. Bersikap bijaksana, sabar, dan sopan, adalah kunci terbukanya pintu bagi senior untuk menerima Anda sebagai tim kerja. Terpenting, pastikan Anda hadir bukan sebagai musuh mereka. Justru adanya Anda untuk membantu kerja mereka.
Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment