Oct 27, 2010

Ukuran Sehat dan Awet Muda

Ukuran Sehat dan Awet Muda
Anda bisa saja merasa tubuh Anda sekarang sehat dan tidak kurang sesuatu apa pun. Namun, ketika Anda cek ke dokter, diberikanlah angka-angka tertentu. Anda pun bingung, apakah arti angka-angka tersebut artinya Anda sehat? Berikut adalah pakar antiaging Henry S. Lodge, MD, penulis Younger Next Year For Women, mengenai angka-angka yang berkaitan dengan kesehatan dan awet muda yang perlu diketahui para wanita.

Berapa lama waktu untuk berolahraga dalam seminggu?
Ideal: setidaknya 2.5 jam.
Jika Anda memastikan Anda berolahraga selama total 2,5 jam dalam seminggu, maka Anda meningkatkan harapan hidup sebanyak 30 persen dalam waktu 20 tahun ke depan dibandingkan Anda tidak berolahraga sama sekali. Berolahraga, meski itu hanya berdansa atau berenang sambil bermain, membantu menjaga berat tubuh dan tekanan darah, sehingga menurunkan risiko terkena penyakit.

Berapa Indeks Massa Tubuh yang aman?
Ideal: di bawah 25.
Indeks Massa Tubuh (BMI) perempuan aktif yang berada di antara 18.5-22.9 memiliki kemungkinan 2,5 kali bertambah tua tanpa perlu khawatir akan penyakit akibat berat tubuh. Kelebihan lemak tubuh akan meningkatkan produksi protein dan asam dalam tubuh yang meningkatkan risiko kanker dan lainnya. BMI di bawah 23 adalah yang terbaik. Pastikan Anda tidak melupakan olahraga.

Ukuran lingkar pinggang yang ideal?
Ideal: kurang dari 35 inci.
Memiliki bagian tengah tubuh yang kurang dari 37.7 inci akan mengurangi risiko kematian hingga 23 persen dibandingkan mereka yang memiliki lingkar pinggang yang besar. Kurang dari 35 persen adalah hal yang optimal, jadi, hindari lemak trans karena bisa menimbulkan timbunan lemak di sekitar pinggang. Pilih makanan seperti alpukat dan yoghurt yang bisa mengurangi kembung dan lemak pada perut.

Bagaimana dengan ukuran kolesterol?
Ideal: kurang dari 200 mg/dl.
Ini penting, karena jika tingkat kolesterol lebih dari 200 mg/dl bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Ketika mencapai 240 mg/dl, maka risikonya akan meningkat dua kali lipat ketimbang yang tingkatnya di bawah 200. Perhatikan LDL, yakni kolesterol jahat. Jika berada di atas 160, artinya terlalu tinggi dan bisa meningkatkan risiko kanker dan stroke.

Berapa banyak serat yang diperlukan dalam sehari?
Ideal: 25 g.
Untuk setiap 10 gram serat dalam makanan, maka Anda menurunkan risiko kematian akibat jantung koroner sebanyak 17 persen. Sumber yang terbaik berasal dari sayuran segar dan buah-buahan.

Berapa lama waktu tidur yang diperlukan?
Ideal: 7-8 jam per hari.
Jika waktu tidur Anda kurang dari 6 jam per hari, maka Anda meningkatkan risiko 12 persen untuk meninggal lebih cepat ketimbang mereka yang waktu tidurnya antara 7-8 jam per hari. Tidur kurang dari 7 jam per hari akan mengganggu hormon nafsu makan, yang bisa mengarah ke peningkatan berat badan dan hal lain yang berkait dengannya.

Berapa ukuran tekanan darah yang normal?
Ideal: di bawah 120/80 mm/HG.
Tekanan darah yang berada di antara 120/80 dan 139/89, merupakan pertaman prehipertensi, yang bisa terjadi karena stres, dan kebiasaan gaya hidup tidak sehat. Angka di atas 140/90, maka pertanda hipertensi, dan harus mulai berkonsultasi dengan dokter mengenai monitoring rutin.

Pentingkah untuk punya binatang peliharaan?
Ideal: ya.
Memelihara kucing akan menurunkan risiko penyakit serangan jantung sebanyak 40 persen ketimbang mereka yang tidak memiliki hewan peliharaan. Kucing dan anjing peliharaan bisa membantu mengurangi perasaan kesepian, depresi, serta perasaan emosi negatif yang mengakibatkan kematian dini.
Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment