Oct 14, 2010

Tips Mengurangi Berat Badan Tanpa Olahraga

Tips Mengurangi Berat Badan Tanpa Olahraga
Olahraga merupakan salah satu aktivitas yang bisa dilakukan untuk dapatkan berat badan ideal. Namun, jika Anda tidak punya waktu luang untuk berolahraga tapi ingin memiliki tubuh ramping, jangan khawatir. Anda masih punya pilihan lain.

Ternyata, tanpa olahraga ekstra keras, Anda tetap bisa menurunkan atau menjaga berat badan ideal. Caranya sederhana, yaitu perhatikan asupan asupan makanan Anda, seperti dikutip dari modernmom.com.

Langkah 1
Ganti makanan kaya kandungan gula dan lemak menjadi makanan sehat. Perbanyak mengonsumsi makanan kaya protein (tempe, tahu, kacang-kacangan), sayuran, dan buah-buahan serta biji-bijian. Jenis makanan ini tidak hanya bermanfaat untuk mempertahankan berat badan, tetapi juga memberi bahan bakar lebih baik untuk tubuh Anda.

Langkah 2
Kurangi porsi makanan. Didiklah diri Anda untuk mengonsumsi makanan pada porsi tepat dengan cara membaca kemasan makanan. Usahakan tidak makan dalam porsi berlebih. Sebab, konsumsi makanan berlebihan menyebabkan berat badan tidak terkontrol.

Langkah 3
Buatlah jurnal makanan. Pastikan bahwa Anda bisa mengontrol asupan makanan, batasi kalori yang masuk. Jika tidak sempat berolahraga, cara membatasi kalori merupakan alternatif yang tepat. Tuliskan makanan yang akan konsumsi, dan catat jumlah kalorinya.

Langkah 4
Hitung konsumsi kalori Anda. Gunakan alat penghitung kalori, seperti yang banyak dimuat di buku referensi kalori atau situs diet online, untuk menetapkan nilai kalori setiap makanan dalam jurnal Anda.

Langkah 5
Tentukan kebutuhan kalori harian Anda. Gunakan umur, tinggi, dan kenali tipe tubuh untuk menentukan jumlah banyak kalori yang Anda butuhkan. Gunakan buku diet referensi atau situs diet online untuk menyelesaikan tugas ini.

Langkah 6
Review jurnal Anda dan memodifikasinya untuk menyelaraskan konsumsi dengan kebutuhan. Jika asupan kalori Anda lebih tinggi dari seharusnya, cek kembali catatan makanan Anda dan tentukan apa yang bisa dibatasi dari diet harian.
Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment