Oct 20, 2010

Tips Mengatasi Kulit Kering dan Bersisik

Tips Mengatasi Kulit Kering dan Bersisik
Kulit kering dapat dilihat dengan napaknya permukaan yang pecah-pecah dan kasar. Kulit kering biasanya disebabkan oleh kurangnya kelembaban pada kulit bukan minyak. Yang dimaksudkan cairan untuk melembabkan terjebak air dalam kulit dan membuat permukaan kulit jadi nampak ketat atau bersisik. Berikut beberapa langkah untuk merawat kulit agar tak mengalami kekeringan.

- Jangan merendam tubuh di air terlalu lama dan lebih baik gunakan air hangat dari pada yang dingin atau panas untuk mandi. Jangan sering-sering membasuh wajah. Untuk kulit yang amat kering, lebih baik jika Anda membasuh wajah dengan sabun pembersih hanya sekali sehari, lebih baik pada malam hari. Di pagi hari basuh wajah dan tubuh Anda dengan air dingin, setelah itu gunakan pelembab. Basuh busa sabun yang tersisa di kulit hingga bersih. Lapisan yang ditinggalkan sabun di kulit dapat menyebabkan kekeringan pada kulit. Hindari mandi berkali-kali dalam sehari. Beberapa ahli menyarankan untuk mandi sehari dua kali saja. Pilih sabun dengan formula yang lembut.

- Untuk menghindari dehidrasi yang menyebabkan kulit nampak kering dan keriput, alangkah baiknya jika Anda minum air banyak-banyak serta mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran.

- Hindari terlalu banyak terpapar AC dan sinar matahari.

- Gunakan sarung tangan atau pelindung tangan lain jika bersentuhan langsung dengan detergen.

- Olahraga cukup dapat membantu mengatasi kekeringan kulit, dengan menambah aliran darah dan dengan demikian dapat mensuplai intisari nutrisi ke kulit.

- Tak peduli apa pun jenis kulit Anda, pelembab yang bagus sangat bermanfaat. Jika kulit terasa ketat, itu berarti membutuhkan pelembab. Namun, sebaiknya pilih pelembab yang bagus, karena salah memilih pelembab bisa-bisa malah menyumbat pori-pori dan membuat kulit nampak kusam. Pelembab yang bagus tak meninggalkan rasa berminyak setelah dioleskan di kulit.

Intinya adalah: jangan terlalu lama berendam di kamar mandi, gunakan air hangat saat membasuh sisa sabun di kulit, minum air putih yang banyak dan lakukan olahraga secara teratur.
Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment