Oct 21, 2010

Tips Bersikap Sebagai Pegawai Baru

Tips Bersikap Sebagai Pegawai Baru
Memulai pekerjaan baru bisa menyenangkan, tapi juga menegangkan saraf. Selain harus menguasai tugas-tugas dan memahami prosedur baru, Anda juga harus bisa membawa diri secara baik di tengah situasi sosial yang kompleks di perusahaan. Berikut, tip untuk membuat transisi Anda dari pegawai baru menjadi kolega yang bisa dipercaya lebih mudah.
Yang harus dilakukan:

* Bersikap ramah setiap saat, kendati pun Anda merasa lelah dari semua informasi baru yang coba Anda proses.
* Punya rasa ingin kenal rekan kerja Anda. Ajak bicara tentang hal-hal umum, misalnya tentang acara televisi. Atau cari peristiwa yang bisa memicu percakapan yang ramah tapi tidak terlalu personal.
* Minta rekomendasi rekan kerja baru Anda tentang tempat terbaik untuk beli kopi terbaik, beli sarapan, makan siang, atau tempat tertentu. Cara ini akan membantu Anda menciptakan lingkup sosial yang sama dengan kolega dan mungkin membuat Anda diundang dalam salah satu acara.
* Beri waktu kepada kolega untuk mengenal Anda secara bertahap.
* Bawa masakan lezat dari rumah untuk diletakkan di ruang makan siang agar bisa dinikmati semua orang. Cupcake, cookies atau buah segar selalu menyenangkan orang banyak.

Yang tak boleh dilakukan;

* Jangan ikut nimbrung ke dalam percakapan pribadi orang lain. Jika Anda dianggap invasif, Anda akan sulit mendapatkan kepercayaan rekan kerja.
* Jangan berharap langsung bisa mendengar semua cerita aneh tetapi nyata tentang kolega Anda. Anda akan segera tahu pesta yang tidak menyenangkan di kantor.
* Jangan terus menerus menyinggung tempat kerja lama Anda, misalnya; "Di tempat kerja saya sebelumnya, kami melakukan......". Anda akan membuat rekan-rekan Anda bertanya, mengapa Anda tidak kembali kerja di sana saja.
* Jangan mulai mengundang untuk melihat penampilan banda Anda atau nonton debut Anda di teater. Tunggu sampai orang lain mengungkapkan minatnya. Jangan menganggap mereka ingin menjadi audience Anda.
* Jangan langsung mengajak orang untuk bergabung dengan network online Anda. Network Anda harus terdiri dari orang-orang yang punya hubungan ketimbang orang yang kebetulan satu perusahaan dengan Anda.
Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment