Oct 20, 2010

Tingkatkan Kekuatan Otak Dengan Berbaring Lebih Lama

Tingkatkan Kekuatan Otak Dengan Berbaring Lebih Lama
Jika Anda bangun pada pagi hari Senin merasa kurang bergairah, itu mungkin karena Anda tidak cukup waktu memperlakukan diri untuk berbaring di akhir pekan.

Dalam laporannya, Telegraph menyebutkan, para ilmuwan menemukan bahwa dosis tidur di akhir pekan dapat meningkatkan kekuatan otak menjelang bekerja di hari pertama pekan berikutnya.

Mereka yang suka memanjakan diri dengan tidur-tiduran di akhir pekan akan kembali segar saat bekerja pada hari Senin, ketimbang mereka yang kurang menghabiskan waktu di tempat tidur pada akhir pekan.

Tidur berlama-lama di akhir pekan, demikian temuan ilmuwan, efektif untuk mengisi otak dan meningkatkan energi. Bahkan, 10 jam di tempat tidur pada akhir pekan mungkin belum cukup, sehingga mereka harus berbaring lebih lama lagi.

Para ilmuwan juga meingatkan mereka yang semalaman berpesta di akhir pekan secara signifikan akan mengganggu kinerja seseorang di tempat kerja minggu berikutnya.

Dr David Dinges, Kepala Divisi Tidur dan Kronobiologi di Universitas Pennsylvania, yang memimpin penelitian, mengatakan bahwatambahan atau dua jam tidur di pagi hari setelah periode tidur memiliki manfaat untuk pemulihan kesegaran otak.

“Intinya adalah bahwa pemulihan yang memadai penting untuk mengatasi dampak dari pembatasan tidur kronis pada otak,” katanya, sebagaimana dikutip Telegraph.

Para ilmuwan melakukan eksperimen pada 159 orang dewasa yang sehat, dengan usia rata-rata 30. Setelah dua malam dari 10 jam di tempat tidur, 142 peserta dibatasi sampai empat jam di tempat tidur selama lima malam berturut-turut.

Mereka kemudian dibiarkan secara acak tidur mulai dari nol jam sampai 10 jam setiap malam. Ke-17 peserta lainnya menghabiskan 10 jam di tempat tidur pada setiap malam.

Peserta diminta melengkapi penilaian komputerisasi 30 menit setiap dua jam saat mereka terjaga. Mereka yang tidurnya dibatasi memiliki rentang perhatian yang singkat, gangguan kewaspadaan, dan waktu reaksi berkurang. Tapi, fungsi-fungsi normal mereka dikembalikan setelah hanya satu malam penuh tidur.
Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment