Oct 27, 2010

Rokok Menyebabkan Gangguan Memori

Rokok Menyebabkan Gangguan Memori
Kebiasaan merokok yang berlebihan dapat meningkatkan resiko terserang demensia vaskular dan alzheimer. Penelitian Kaiser Permanente Division of Research California, Amerika Serikat, menemukan, perokok aktif hingga dua bungkus per hari mengalami peningkatan resiko terserang alzheimer sebanyak 157 persen dan demensia vaskular sebanyak 172 persen.

Penelitian yang melibatkan 21.123 pasien itu dengan melihat catatan hidup pasien dari 1994 sampai 2008. Catatan itu meliputi umur, jenis kelamin, pendidikan, ras, status perkawinan, hipertensi, hiperlipidemia, indeks massa tubuh, diabetes, penyakit jantung, stroke, dan penggunaan alkohol.

"Penelitian ini menemukan bahwa kebiasaan merokok mempengaruhi sistem vaskular, juga memengaruhi tekanan darah dan meningkatkan resiko pembekuan darah yang erat kaitannya dengan alzheimer dan demensia vaskular," kata Rachel A. Whitmer, pimpinan penelitian di Kaiser Permanente Division of Research California.

Demensia secara harfiah berarti de(=kehilangan) dan mensia (=jiwa). Tapi lebih umum diartikan sebagai penurunan intelektual karena menurunnya fungsi bagian luar jaringan otak (cortex). Demensia juga merupakan suatu penurunan kualitas intelektual yang disertai gangguan pengamatan, menurunnya daya ingat, penurunan kemampuan menyelesaikan masalah, penurunan kemampuan dalam berkomunikasi dan bahasa, serta penurunan dalam pengendalian emosi.
Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment