Oct 6, 2010

Nafas Bau Tanda Kena Penyakit

Nafas Bau Tanda Kena Penyakit.
Geniuslifetips menyajikan aneka artikel dan tips Kesehatan. Kesehatan adalah kenikmatan luar biasa yang diberikan oleh Allah SWT kepada makhluknya. Sudah sepantasnya kita senantiasa mensyukuri nikmat kesehatan yang telah diberikan oleh Allah SWT kepada kita.

Begitu pentingnya kesehatan itu sehingga Rasulullah SAW memberikan pesan kepada kita untuk senantiasa memanfaatkan dan memperhatikan lima perkara sebelum datangnya lima perkara:
"Ambillah lima perkara sebelum datangnya lima perkara, yaitu hidupmu sebelum datang ajalmu, jagalah kesehatanmu sebelum datang sakitmu, manfaatkan sebaik-baiknya kesempatanmu sebelum datang kesibukanmu, manfaatkan masa mudamu sebelum datang waktu tuamu, manfaatkanlah waktu kayamu sebelum datang waktu fakirmu. (HR. Ahmad dan Baihaqi)"

Salah satu dari lima pesan Rasulullah SAW tersebut, adalah agar kita selalu menjaga  kesehatan, sebelum datangnya waktu sakit. Marilah kita benar-benar menjaga kesehatan kita dan orang-orang yang kita cintai, agar terhindar dari penyakit.

Apakah mulut Anda bau?
Anda tak perlu menjawabnya keras-keras, cukup sadari dalam hati saja. Jika baunya ternyata memang agak kurang sedap, maka biasanya hal ini muncul karena metode perawatan gigi atau kebersihan mulut yang minim. Dalam kasus ini, membenahi cara menyikat dan floss rutin bisa membersihkan mulut secara maksimal dari sisa makanan yang melekat. Mengerik lidah dengan alat khusus juga dianjurkan untuk menghilangkan partikel makanan dan bakteri yang melekat, lalu mouthwash bisa membantu membersihkan keseluruhan mulut.

Namun, jika beberapa langkah di atas tetap tak berhasil, maka bisa jadi ada sesuatu lain yang menjadi penyebab mulut bau. Bisa jadi penyebabnya adalah gigi/ tenggorokan bengkak, sinus atau infeksi pernafasan seperti bronkitis. Selain itu, mulut bau bisa juga jadi sinyal adanya tumor pada kerongkongan saluran esophagus atau perut. Infeksi paru-paru bisa menyebabkan bau mulut yang parah, seperti halnya infeksi amandel.

Lalu, bagaimana dengan 'bau' saat bangun pagi?

Biasanya mulut memang sedikit bau ketika kita bangun saat pagi menjelang. Namun hal ini jelas tak perlu dikhawatirkan karena penyebabnya hanyalah kondisi mulut yang kering (terutama bila Anda tidur dengan keadaan mulut menganga). Mulut kering juga bisa disebabkan oleh dehidrasi, efek konsumsi obat, atau puasa. Penderita diabetes, anemia, tekanan darah tinggi, dan reumatik juga berpeluang mengalami mulut kering.

Bagaimana jika bau yang khas timbul berulang kali?

Beberapa penyakit dan kondisi memang bisa menjadi penyebabnya. Tiga bau khas yang mungkin bisa jadi petunjuk:

1. Bau 'buah' bisa menjadi indikasi diabetes yang tak terkontrol, serta puasa/ diet yang kelewat batas.

2. Bau 'ikan' seperti amonia atau urin merupakan tanda adanya gagal ginjal atau liver.

3. Bau 'feses' bisa timbul karena usus besar sedang bermasalah atau karena muntah yang berkepanjangan.

Khawatir dengan nafas bau? Segera hubungi dokter terdekat untuk tahu penyebab pastinya.
Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...