Oct 21, 2010

Memukul Anak Dapat Menurunkan IQ

Memukul Anak Dapat Menurunkan IQ
Riset yang dilakukan para ahli di Pacific Institute for Research and Evaluation menemukan, anak-anak yang dipukul punya IQ lebih rendah 4 tahun kemudian dibanding anak-anak yang tidak dipukul. Para ahli men-studi sampel representatif dari 806 anak umur 2-4 tahun dan 704 anak umur 5-9 tahun.
IQ anak umur 2-4 tahun yang tidak dipukul punya 5 poin lebih tinggi 4 tahun dibanding anak yang dipukul. IQ anak umur 5-9 tahun yang tidak dipukul 2,8 poin lebih tinggi 4 tahun dibanding IQ anak yang dipukul.

Tingkat keseringan orangtua memukul juga menimbulkan perbedaan yang nyata. Semakin sering orangtua memukul, semakin lambat kemampuan perkembangan mental anak. Bahkan pemukulan dalam jumlah sedikit saja menimbulkan perbedaan. Para ahli juga menemukan, IQ rata-rata bangsa lebih rendah pada bangsa yang orangtuanya sering memukul anak.

Hasil studi dipresentasikan dalam 14th International Conference on Violence, Abuse and Trauma di San Diego. Menurut para periset, saatnya para ahli psikologi membantu orangtua mengakhiri pemakaian hukuman corporal dan memasukkan tujuan ini dalam pengajaran dan praktek klinik.
Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment