Oct 25, 2010

Manfaat Kebersihan Gigi Bagi Kekebalan Tubuh

Manfaat Kebersihan Gigi Bagi Kekebalan Tubuh
Jarang memeriksakan barisan mutiara Anda ke dokter gigi, karena takut? Jika iya, jangan biarkan ketakutan ini membuat Anda 'alergi' mengecek kesehatan gigi. Sebab, ada beberapa penyakit yang berhubungan erat dengan kondisi kesehatan gigi dan mulut.

Jika kebersihan dan kesehatan gigi Anda terjaga, tubuh juga akan kebal terhadap penyakit dan gangguan kesehatan berikut ini, seperti dikutip dari Shine.

1. Penyakit jantung
Studi yang dilakukan peneliti di Berkeley University, AS, menemukan, wanita yang merawat giginya dengan baik memiliki risiko rendah terkena serangan jantung.

"Orang yang punya infeksi kronis di rongga mulut punya risiko tinggi terkena serangan jantung, stroke, dan penyakit arteri koroner, "kata Sally Cram, penasihat konsumen untuk American Dental Association dan periodontist di Washington, DC

Cram menambahkan, "Bila Anda memiliki infeksi di sekitar gusi dan gigi, yang masuk ke dalam darah Anda, kondisi ini akan mempertebal dan menyempit tempat mereka. Jika Anda memiliki riwayat keluarga penyakit jantung, sangat penting untuk waspada tentang kesehatan mulut dan gigi."

2. Kanker mulut
Tiap kali Anda mendapatkan perawatan gigi, keadaan gigi dan sekitarnya akan diperiksa sekaligus untuk mencari tahu apakah ada bengkak atau radang.

“Seringkali, kanker mulut tidak menunjukkan gejala. Dokter gigilah yang dapat menunjukannya pada Anda.” “Orang yang punya risiko tinggi terkena penyakit ini adalah perokok, dan orang yang sering konsumsi minuman beralkohol.”

3. Kekurangan gizi
Dengan melihat lidah dan gusi, dokter gigi mungkin dapat memberitahu jika tubuh kekurangan vitamin tertentu dan nutrisi. Yang perlu diwaspadai adalah warna lidah pucat, yang bisa menjadi tanda kekurangan zat besi.

4. Diabetes
Kondisi gigi dan gusi dapat menunjukkan apakah Anda terkena diabetes atau tidak. Jika Anda memiliki riwayat keluarga yang terkena diabetes, Cram menyarankan agar Anda rutin berkonsultasi dengan dokter gigi. Mungkin kemudian Anda direkomendasikan untuk memeriksakan gigi secara rutin 2-4 kali setahun.
Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment