Oct 21, 2010

Kiat Menjadi Pengusaha Sukses

Kiat Menjadi Pengusaha Sukses
Seringkali orang berfikir tidak mungkin bisa jadi pengusaha, dan hanya orang-orang tertentu saja yang bisa memperolehnya. Padahal sebetulnya, semua orang bisa meraihnya asal ada kemauan, keberanian dan tekad yang kuat semua bisa terwujud.

Menjadi pengusaha harus dipandang sebagai hak azasi setiap orang untuk meningkatkan kesejahteraan hidup agar menjadi lebih baik. Menjadi pengusaha juga merupakan upaya mengurangi ketergantungan kepada fihak lain dan menjadi lebih mandiri. Terdapat beberapa hal yang dapat dijadikan rujukan untuk menjadi pengusaha yang baik, antara lain :

Pertama, harus ada keberanian untuk memulai dari nol dan jangan berfikiran langsung besar, karena hal yang instant akan dapat mengakibatkan hal yang kurang baik, Semua harus berproses secara alami, dari kecil, menengah dan kemudian menjadi usaha yang berhasil.

Banyak orang yang berfikir langsung sukses, tanpa melewati tahapan demi tahapan, sehingga biasanya kurang kokoh ketika diterpa badai.

Kedua, pengusaha harus fokus dalam mengelola usaha dan tidak boleh dijadikan sampingan. Dalam berusaha banyak hal yang membutuhkan perhatian penuh dan penyelesaian dalam waktu yang cepat dan tepat. Di sinilah perlunya perhatian terus menerus, agar setiap persoalan cepat teratasi.

Ketiga, berorientasi pada pasar pasar terlebih dahulu dan bukan pada produksi. Ini persoalan yang sering terjadi, karena lebih fokus pada produksi daripada pemasaran, produk menumpuk tidak terjual. Akibatnya muncul biaya penyimpanan yang harus dikeluarkan dalam jumlah yang besar.

Keempat, buatlah produk yang spesifik dan sulit ditiru oleh pesaing. Dengan keunikan ini, akan menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen.

Seringkali saya tuliskan, produk yang berbeda dapat memunculkan kebanggaan baru bagi penggunanya. Kebanggaan ini penting, karena akan dapat menumbuhkan kesetiaan.

Kelima, perbanyak jaringan. Dengan jaringan yang baik, pengusaha akan memperoleh banyak manfaat, antara lain distribusi yang lebih cepat dan merata, efisiensi waktu, tingkat harga yang bisa ditekan dan berbagai keunggulan lain.

Allah menciptakan umat manusia tidak berbeda. Jadi kalau orang lain bisa menjadi pengusaha, berarti kita juga bisa meraihnya. Apa pun bisnisnya, siapapun pemiliknya asal dikelola dengan manajemen yang baik, pasti semua bisa meraih sukses.
Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment