Oct 5, 2010

Jerawat Masa Puber

Jerawat Masa Puber.
Geniuslifetips menyajikan aneka artikel dan tips Kesehatan. Kesehatan adalah kenikmatan luar biasa yang diberikan oleh Allah SWT kepada makhluknya. Sudah sepantasnya kita senantiasa mensyukuri nikmat kesehatan yang telah diberikan oleh Allah SWT kepada kita.

Begitu pentingnya kesehatan itu sehingga Rasulullah SAW memberikan pesan kepada kita untuk senantiasa memanfaatkan dan memperhatikan lima perkara sebelum datangnya lima perkara:
"Ambillah lima perkara sebelum datangnya lima perkara, yaitu hidupmu sebelum datang ajalmu, jagalah kesehatanmu sebelum datang sakitmu, manfaatkan sebaik-baiknya kesempatanmu sebelum datang kesibukanmu, manfaatkan masa mudamu sebelum datang waktu tuamu, manfaatkanlah waktu kayamu sebelum datang waktu fakirmu. (HR. Ahmad dan Baihaqi)"

Salah satu dari lima pesan Rasulullah SAW tersebut, adalah agar kita selalu menjaga kesehatan, sebelum datangnya waktu sakit. Marilah kita benar-benar menjaga kesehatan kita dan orang-orang yang kita cintai, agar terhindar dari penyakit.

Setelah memasuki masa puber, jerawat menjadi masalah yang menyebalkan bagi banyak praremaja. Bukan hanya bikin wajah jelek dan tak mulus, jerawat juga bikin serba salah karena menyakitkan dan tak nyaman. Bila si praremaja Anda mengalaminya, katakan padanya bahwa jerawat itu merupakan hal yang normal dan tak perlu terlalu dirisaukan. Bersama berlalunya sang waktu, jerawat itu akan menghilang dan wajahnya akan kembali mulus. Tentu sementara menunggu saat itu tiba:

Ajari ia membersihkan wajah secara teratur menggunakan produk pembersih, penyegar, dan sedikit pelembab yang cocok bagi jenis kulitnya.

Ajak ke dokter kulit untuk mengetahui jenis kulitnya. Bila berjerawat, di sana dia sekaligus bisa meminta resep obat jerawat yang aman.

Jangan mengutak-atik jerawatnya agar tidak infeksi. Bila infeksi proses penyembuhan akan memakan waktu lebih lama, dan bekasnya akan lebih jelek.

Pulihkan rasa percaya dirinya, penyembuhan jerawat tak hanya dilakukan dari luar, tetapi juga dari dalam. Jangan sampai jerawat justru bikin remaja Anda jadi stres dan tak mau beraktivitas mengurung diri di kamar karena malu wajahnya yang berjerawat dilihat orang.

Bantu dia mengonsumsi makanan yang sehat dan tak berlemak, serta mengurangi makanan yang manis-manis seperti cokelat. Makanan yang sehat dan konsumsi air putih yang cukup akan membuat wajahnya lebih cepat mulus kembali.
Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment