Oct 21, 2010

Cara Menyimpan dan Merawat Helm Agar Awet dan Wangi

Cara Menyimpan dan Merawat Helm Agar Awet dan Wangi
Helm yang baik adalah yang dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi pemakainya, agar kondisi helm selalu siap mendampingi perlu diberikan perawatan yang benar. Perawatan terhadap helm tidak boleh diabaikan.

Penyimpanan :

* Simpanlah helm sesudah dipakai ditempat yang aman dan tidak mudah terjatuh.
* Selalu disimpan dalam keadaan tertutup dengan plastik atau pembungkus lainnya agar tidak terkena kotoran terutama debu yang bila sudah mengendap lama agak sulit dibersihkan dan membuat warna menjadi buram.
* Untuk menghindari pencurian sebaiknya ditambahkan alat pengaman seperti kunci rantai saat meninggalkan helm ditempat parkir atau dititipkan kepada petugas parkir.

Perawatan :

* Bersihkan helm dengan tisiu/kain basah bila helm kotor dan berdebu.
* Untuk membersihkan kaca helm pertama-tama cipratkan air bersih ke sisi dalam dan luar kaca secara merata, kemudian lap dengan tisiu/kain secara perlahan.
* Jemurlah helm anda secara berkala pada terik matahari untuk menghindarai bau dan jamur.
* Hindari mencuci helm anda dengan air.
* Jangan tukar menukar helm dengan orang lain untuk menghindari tertular penyakit kulit.

Selain itu ada alternatif tips yang lebih rinci tentang perawatan helm, sebagai berikut :

Alat-alat yang dibutuhkan:
1. Tisu
2. Kanebo
3. Pengharum
4. Pembersih kaca
5. Kit pengilap

Cara Perawatan:
Mulai dengan membersihkan kaca dengan Kanebo, lakukan dengan perlahan dan hati-hati dengan gerakan lurus ke bawah, hal ini untuk menghindari debu atau partikel keras merusak atau menggores visor/kaca helm. Apabila kaca helm nya kotor, sebaiknya jangan dibersihkan langsung pakai kanebo. Semprot atau basahi dulu kaca tersebut dengan air biasa atau air sabun, setelah dua menit, keringkan dengan kain lap untuk menyeka kaca. Kemudian setelah beberapa menit, baru gunakan kanebo untuk membersihkannya.

Semprotkan pembersih kaca ke kaca helm dengan takaran yang tepat.Lalu keringkan dengan tisu kering.

Untuk bagian luar helm, gunakan kit/pengkilat motor.Caranya hampir sama dengan membersihkan kaca helm.

Sekarang, bagian yang paling penting,bagian dalam. Anda tentu tidak menyukai bagian ini lembab dan berbau tidak sedap. Solusinya, semprotkan pengharum dengan aroma yang tidak terlalu menyengat sesuai selera Anda. Bisa juga menggunkan pengharum untuk pakaian.

Terakhir, paling tidak setiap dua minggu sekali cuci bagian helm yang dapat dilepas. Caranya,lepas bagian helm tersebut, lalu siapkan air panas dan deterjen. rendambagian tersebut ke dalamnya, lalu bilas hingga bersih. Ingat, jangan dikucek atau diperas karena dapat merusak bagian busa yang ada di dalamnya. Setelah itu segera keringkan dibawah sinar matahari. Selamat merawat helm.
Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment