Oct 4, 2010

Asap Rokok Bisa Membuat Wanita Kena Kanker Payudara

Asap Rokok Bisa Membuat Wanita Kena Kanker Payudara.
Geniuslifetips menyajikan aneka Tips Kesehatan. Kesehatan adalah kenikmatan luar biasa yang diberikan oleh Allah SWT kepada makhluknya. Sudah sepantasnya kita senantiasa mensyukuri nikmat kesehatan yang telah diberikan oleh Allah SWT kepada kita.

Begitu pentingnya kesehatan itu sehingga Rasulullah SAW memberikan pesan kepada kita untuk senantiasa memanfaatkan dan memperhatikan lima perkara sebelum datangnya lima perkara:
"Ambillah lima perkara sebelum datangnya lima perkara, yaitu hidupmu sebelum datang ajalmu, jagalah kesehatanmu sebelum datang sakitmu, manfaatkan sebaik-baiknya kesempatanmu sebelum datang kesibukanmu, manfaatkan masa mudamu sebelum datang waktu tuamu, manfaatkanlah waktu kayamu sebelum datang waktu fakirmu. (HR. Ahmad dan Baihaqi)"

Salah satu dari lima pesan Rasulullah SAW tersebut, adalah agar kita selalu menjaga  kesehatan, sebelum datangnya waktu sakit. Marilah kita benar-benar menjaga kesehatan kita dan orang-orang yang kita cintai, agar terhindar dari penyakit.

Bagaimana asap rokok bisa membuat wanita terkena kanker payudara?

Telah banyak bukti yang menunjukkan bahwa perokok pasif juga menanggung risiko kesehatan yang besar dari paparan asap rokok. Perokok pasif diketahui 2 kali lebih mungkin meninggal akibat penyakit jantung dan kanker paru-paru.

Tapi kini, sebuah studi baru juga menunjukkan bahwa wanita perokok pasif memiliki risiko 3 kali lebih besar menderita kanker payudara karena sering terpapar asap rokok.

"Setiap orang harus menghindari asap rokok," tegas Lizbeth Lopez-Carrillo, profesor epidemiologi di National Institute for Public Health, Meksiko, seperti dilansir dari Indiavision, Selasa (5/10/2010).

Menurut Lopez-Carrillo, produk rokok tembakau menghasilkan dua aliran asap, yaitu asap yang masuk dan dihisap oleh perokok itu sendiri serta asap yang dikeluarkan sebagai efek pembakaran rokok. Asap inilah yang mengontaminasi lingkungan sekitar, termasuk juga membahayakan kesehatan orang-orang yang tidak merokok seperti wanita dan anak-anak.

Dalam studi ini, Lopez-Carrillo dan rekannya mempelajari 504 wanita yang didiagnosa dengan kanker payudara dan 504 wanita sehat lainnya dengan usia yang sama.

Peneliti membandingkan kedua kelompok partisipan ini. Hasilnya, dibandingkan dengan wanita yang tidak pernah merokok dan tidak atau jarang terpapar asap rokok (perokok pasif), wanita yang sering terpapar asap rokok memiliki risiko kanker payudara 3 kali lebih tinggi.

Lopez-Carrillo menjelaskan, hal ini biasanya dialami oleh wanita yang memiliki anggota keluarga seperti suami, ayah, anak atau anggota keluarga lain, yang menjadi perokok aktif. Kemungkinan lain adalah karena wanita bekerja di lingkungan yang penuh dengan perokok aktif dan asap rokok.

"Baik perokok aktif maupun pasif keduanya merupakan faktor risiko yang dapat meningkatkan risiko kanker payudara. Jadi untuk mencegah berbagai risiko penyakit, kita tidak hanya harus mengurangi perokok aktif, tetapi juga perokok pasif," jelas Lopez-Carrillo lebih lanjut.
Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...