Oct 14, 2010

Kunci Didengarkan saat Rapat

Kunci Didengarkan saat Rapat
Salah satu isu yang sering dihadapi wanita karier adalah bagaimana cara menunjukkan inisiatif dan didengarkan orang lain saat mengemukakan pendapat. Untuk itu, diperlukan pengetahuan tentang cara mengajukan ide atau opini sehingga saran Anda didengarkan dan diadaptasi.

Berikut ini adalah lima tip kunci yang diutarakan konsultan bisnis Jen Dalitz untuk mengatasi isu tersebut:

1. Uraian jelas
Sejumlah karyawan perempuan sering mengeluh karena tidak didengarkan oleh rekan kerja lelakinya. Padahal, bisa jadi sebenarnya rekan kerja lelaki tersebut tidak bisa menangkap secara jelas apa yang sebenarnya Anda maksud. Oleh karena itu, utarakan maksud dan tujuan Anda secara singkat, jelas, dan padat. Fokuskan uraian terhadap hasil kunci yang akan didapatkan atas ide Anda itu. Jika diminta untuk menerangkan lebih detail, berikan gambaran rinci mengenai bagaimana Anda akan mencapainya.

2. Pendekatan personal
Sebelum mengemukakan ide-ide baru di dalam rapat, sebaiknya lakukan pendekatan personal ke rekan kerja terlebih dulu untuk membuat mereka lebih memahami maksud Anda. Dengan demikian, Anda akan memiliki para pendukung yang mungkin dibutuhkan saat rapat berlangsung.

3. Momen tepat
Tunggu saat yang tepat untuk berkonstribusi. Tunggu sampai orang lain selesai mengutarakan apa yang harus diutarakan, lalu cari celahnya. Dengan demikian, solusi yang Anda tawarkan akan menjadi solusi terjelas dan terlengkap di atas meja.

4. Menuliskan ide
Setelah Anda mengutarakan ide kepada rekan kerja sebelum rapat, tindak lanjuti dengan mengirimkan e-mail berisi poin kunci dan dukungan yang Anda cari. Jika Anda berada di dalam rapat dan seseorang membajak saran Anda, ulangi poin awal Anda dan tunjukan kemiripannya.

5. Usaha gigih
Jangan berharap usul Anda akan langsung disetujui dalam percobaan pertama. Jika peserta rapat lain menolak usul yang Anda lakukan, coba lagi berulang kali. Rata-rata dibutuhkan sekitar tiga sampai empat kali usaha gigih hingga Anda mendapatkan anggukan dan kata 'ya' meluncur dalam rapat.
Artikel Terkait

1 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...