Oct 27, 2010

5 Cara Tingkatkan Daya Ingat

5 Cara Tingkatkan Daya Ingat
Seiring bertambahnya usia biasanya daya kerja otak manusia berkurang. Akibatnya daya ingat seseorang pun akan menurun atau yang bisa dikenal dengan pikun. Bahkan jika gaya hidup Anda kurang baik dapat menyebabkan sindrom gangguan memori, Alzheimer.

Alzheimer adalah sindrom yang paling ditakuti oleh kebanyakan orang, karena sindrom ini dapat menghapus keseluruhan memori penderitanya secara perlahan. Berikut ini adalah beberapa cara untuk menghindari sindrom-sindrom yang akan mengganggu fungsi otak Anda dalam menyimpan memori,

1. Mengunyah permen karet
Penelitian yang dimuat pada jurnal kesehatan Apetite menemukan bahwa mengunyah permen karet dapat membantu pelajar menyerap pengetahuan yang mereka pelajari dan meningkatkan daya ingat. Hal ini dikarenakan mengunyah permen karet meningkatkan denyut jantung yang akan memperlancar aliran darah ke otak.

2. Olahraga secara teratur
Tidak hanya baik bagi tubuh Anda karena dapat membakar kalori, berolahraga secara teratur juga baik bagi kinerja otak Anda. Melakukan olah raga secara rutin diketahui dapat meningkatkan daya ingat dan meningkatkan kualitas tidur.

3. Kafein
Efek kafein bagi tubuh sampai saat ini masih menjadi perdebatan dalam dunia kesehatan. Beberapa ahli berpendapat bahwa menkonsumsi kafein baik bagi tubuh sedangkan yang lainnya menolak pernyataan tersebut. Menurut beberapa penelitian yang dilakukan 5 tahun terakhir, kafein dapat meningkatkan memori jangka pendek, melindungi wanita lanjut usia dari serangan pikun dan bahkan membantu pemulihan seseorang setelah terserang sindrom Alzheimer.

4. Tidur siang
Mungkin sulit bagi Anda untuk sejenak memejamkan mata pada siang hari, tetapi sebuah penelitian menemukan tidur sejenak di siang hari dapat membantu kerja otak untuk menyimpan memori. Pastikan jumlah maksimal yang anda habiskan untuk tidur siang adalah 45 menit.

5. Alkohol
Walaupun memiliki efek buruk bagi kesehatan jika dikonsumsi berlebihan, alkohol dapat meningkatkan memori dan bahkan dapat membantu mencegah kepikunan.
Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment