Oct 6, 2010

Tips Lebih Percaya Diri

Tips Lebih Percaya Diri.
Rahasia dari sebuah rasa percaya diri yang tinggi adalah seseorang merasa nyaman dengan segala yang ada di dirinya dan bangga dengan kemampuannya mengatasi segala tantangan dan kesulitan hidup.

Lalu bagaimana jurus-jurus jitu memupuk rasa percaya diri, berikut strateginya.

1. Kenali ketidak nyamanan Anda
Suara apa yang di katakan di belakang pikiran Anda? Apa yang membuat Anda malu pada diri sendiri? Ini bisa dari jerawat, bisa penyesalan, bisa pelecehan emosional (masa lalu atau sekarang) dari orang yang dicintai atau teman-teman di sekolah. Apa pun yang membuat Anda merasa tidak layak, malu, atau rendah, mengidentifikasi itu, berikan nama, dan menuliskannya.

2. Tetapkan target pada bidang kehidupan Anda
Tetapkan target pada karier, kondisi keuangan, hubungan pribadi, dan kondisi spiritualitas Anda. Jangan buat target yang rendah dan sangat mudah dicapai. Buatlah target yang tinggi yang bisa melambungkan rasa percaya diri Anda jika bisa mencapainya. Tulis target tersebut secara spesifik dan tentukan tenggat waktunya.

3. Lakukan satu langkah kecil
Misalnya, jika Anda menetapkan target ingin naik karier, maka mulailah dengan meningkatkan kemampuan presentasi Anda. Cobalah ambil kursus atau tawarkan diri untuk menjadi moderator dalam rapat.

Jika Anda bisa melakukannya, maka Anda akan merasa lebih nyaman dan lebih baik tentang diri Anda sendiri.

4. Percaya keyakinan diri
Yakinlah pada kemampuan Anda, bukan pada ketakutan Anda. Jika Anda tak keluar dari rutinitas Anda, maka Anda tak akan pernah punya kesempatan mengasah rasa percaya diri Anda. Rasa takut pasti akan datang di awal, namun hal tersebut wajar dan harus dilawan. Kegagalan mungkin saja akan muncul di awal, namun jika Anda terbiasa membenahi diri, maka halangan apa pun akan bisa Anda atasi. Ini akan memupuk rasa percaya diri Anda.

5. Cari panutan
Carilah orang yang bisa jadi mentor atau panutan Anda untuk mencapai target ini. Mintalah saran darinya dan pelajarilah caranya menjalani hidup. Dengan banyak bergaul dengannya, maka nilai-nilai positif yang ada pada dirinya bisa membuat Anda lebih maju. Kurangi pula bergaul dengan orang-orang yang berpikiran negatif. Jadikan Rasulullah SAW sebagai panutan sepanjang masa.

6. Melawan perasaan negatif
Jika Anda merasa frustrasi, cobalah berbicara dengan teman yang bisa membuat Anda lebih berpikir positif. Coba pula beberapa teknik relaksasi. Selama Anda bisa berpikir positif, selambat apa pun kemajuan Anda, maka Anda akan tetap terus melangkah. Cobalah terus berteman dengan orang-orang yang berpikiran positif dan membaca buku yang bisa meningkatkan semangat dan rasa percaya diri Anda.

7. Ekspresikan Diri Anda
Ekspresikan diri Anda, apakah itu melalui seni, musik, menulis, dll. Cari sesuatu yang Anda nikmati. Semua orang dilahirkan dengan bakat dan kekuatan. Anda dapat mengembangkan dan bisa unggul dalam bidang yang Anda minati.

8. Bersyukurlah dengan yang Anda miliki.
Banyak kali, akar dari rasa tidak aman dan kurangnya rasa percaya diri adalah perasaan tidak punya cukup sesuatu, apakah itu validasi emosional, kesuksesan, uang, dll. Dengan mengakui dan menghargai apa yang Anda miliki, Anda dapat melawan perasaan tidak lengkap dan tidak puas. Menemukan bahwa kedamaian batin akan melakukan keajaiban untuk kepercayaan diri Anda.

9. Konsisten terhadap Prinsip Sendiri
Tetaplah pada prinsip-prinsip Anda. Mungkin sulit, tapi jika Anda tidak memiliki sesuatu yang bisa Anda percaya, Anda tidak punya apa-apa. Jika Anda tidak berdiri untuk sesuatu, Anda akan jatuh untuk apapun. Tak peduli apa yang terjadi dalam hidup Anda, Anda selalu dapat mengklaim fakta bahwa sejak hari ini, Anda telah mengikuti prinsip-prinsip Anda yang terbaik dari kemampuan Anda.

10. Bantulah orang lain.
Bila Anda tahu Anda baik hati terhadap orang-orang di sekitar Anda, dan membuat perbedaan positif dalam kehidupan orang lain (bahkan jika itu hanya menjadi lebih ramah kepada orang yang melayani Anda kopi di pagi hari), Anda akan tahu bahwa Anda adalah berlaku positif di dunia – yang akan meningkatkan rasa percaya diri Anda. Pikul sesuatu untuk sesamamu tanpa pamrih. Mendapatkan kepercayaan diri itu adalah yang paling tahan lama.
Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...