Sep 29, 2010

Tips Agar Anak Tidak Konsumtif

Tips Agar Anak Tidak Konsumtif.
Geniuslifetips menyajikan aneka Tips Keluarga. Dalam sebuah keluarga, peranan orang tua dalam membesarkan dan mendidik anak sangat mempengaruhi perkembangan anak hingga masa depannya nanti.

Begitu pula sebagai orang yang lebih muda sudah selayaknya menghormati dan menghargai yang lebih tua. Dalam hal ini melatih kesabaran adalah hal yang sangat penting saat menghadapi masalah baik dengan orang yang lebih tua, maupun saat kita mencoba memecahkan masalah yang berkaitan dengan anak-anak kita.

Dan jangan lupa bahwa kita adalah teladan bagi anak-anak kita. Hendaknya kita selalu berhati-hati dalam bersikap dan mengambil tindakan, jangan sampai anak kita meniru hal-hal negatif yang kita lakukan.

Usahakan untuk selalu memberikan yang terbaik buat keluarga. Perhatian dan pengorbanan yang kita lakukan dengan ikhlas, niscaya dicatat sebagai amal dan akan mendapatkan pahala dari Allah SWT.

Namun bila anak sering merengek minta ini, minta itu dan semua ingin dituruti, apa yang harus kita lakukan?
1. Beri penjelasan 
Jelaskan kepada anak alasan anda membeli sesuatu. Katakan kepada anak, barang tersebut memang kebutuhan. Jangan takut membicarakan mengenai uang. Bila anda tidak mampu membelikan barang permintaannya, katakan dengan terus terang.

2. Batasi melihat TV
Batasi memnonton TV. Pesan yang disampaikan oleh iklan sering menyesatkan cara berpikir anak-anak. Bantu anak anda dalam mengartikan pesan yang disampaikan oleh iklan-iklan di TV.

3. Ajak beraktivitas
Ajak anak anda menyukai hal-hal yang bukan berupa benda. Lakukan kegiatan yang melibatkan seluruh keluarga, misalnya naik sepeda, jalan pagi, dll.

4. Jauhi sifat konsumtif
Tidak perlu pesat ulang tahun yang mengeluarkan biaya besar. Buat persetujuan keluarga dalam menentukan biaya untuk membeli kado seperti kado ulang tahun, hadiah lebaran.

5. Ajari mengatur uang
Beri anak uang saku dan bantu mereka megatur keuangan. Berdasarkan hasil penelitian terhadap terhadap anak usia 9-14 tahun, terlihat, anak yang mendapat uang saku lebih dapat menghemat daripada anak-anak yang tidak mendapatkan uang saku.

6. Jangan dimanjakan
Jangan tunjukkan cinta melalui benda. Membiasakan memanjakan anak-anak dengan benda, hanya akan membentuk anak menjadi konsumtif. Yakinkan anak bahwa mereka dicintai sebagaimana apa adanya mereka.
Artikel Terkait

1 comments: