Sep 1, 2010

Mengawasi Pergaulan Anak

Mengawasi Pergaulan Anak.
Geniuslifetips menyajikan aneka Tips Keluarga. Dalam sebuah keluarga, peranan orang tua dalam membesarkan dan mendidik anak sangat mempengaruhi perkembangan anak hingga masa depannya nanti.

Begitu pula sebagai orang yang lebih muda sudah selayaknya menghormati dan menghargai yang lebih tua. Dalam hal ini melatih kesabaran adalah hal yang sangat penting saat menghadapi masalah baik dengan orang yang lebih tua, maupun saat kita mencoba memecahkan masalah yang berkaitan dengan anak-anak kita.

Dan jangan lupa bahwa kita adalah teladan bagi anak-anak kita. Hendaknya kita selalu  berhati-hati dalam bersikap dan mengambil tindakan, jangan sampai anak kita meniru hal-hal negatif yang kita lakukan.

Usahakan untuk selalu memberikan yang terbaik buat keluarga. Pengorbanan terbaik apapun  yang kita lakukan dengan ikhlas, niscaya dicatat sebagai amal dan akan mendapatkan pahala dari Allah SWT.

Perilaku seorang anak tidak hanya dipengaruhi oleh orang tua dan guru. Salah satu faktor besar yang mempengaruhi perilaku anak adalah lingkungan pergaulan atau teman.

Berikut tips mengawasi pergaulan anak :
1. Harus tahu dimana anak sehari-hari berada. Kenalilah teman-temannya dan kegiatannya sehari-hari.

2. Peka terhadap perubahan tingkah laku anak yang terjadi; perubahan yang terjadi merupakan tanda bagi anda untuk menanyakan mengapa hal itu terjadi.

3. Waspada terhadap orang dewasa atau remaja yang memberikan perhatian secara berlebihan atau memberikan hadiah yang mahal kepada anak kita.

4. Ajari anak untuk percaya terhadap perasaannya sendiri, dan yakinkan mereka bahwa mempunyai hak untuk berkata TIDAK mengenai sesuatu yang tidak menyenangkan.

5. Perhatikan ketakutan-ketakutan yang dirasakan anak dan bicarakan bersama.

6. Ajarkan pada mereka bahwa tidak ada orang yang akan mendekati atau memegang mereka dengan cara yang tidak senonoh. Jika ada yang melakukannya, anak-anak harus segera melaporkannya kepada orang tua.

7. Harus berhati-hati terhadap pengasuh atau orang dewasa lainnya yang anak-anak kita.
Artikel Terkait

1 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...