Sep 1, 2010

Memilih Sekolah Untuk Anak

Memilih Sekolah Untuk Anak.
Geniuslifetips menyajikan aneka Tips Keluarga. Dalam sebuah keluarga, peranan orang tua dalam membesarkan dan mendidik anak sangat mempengaruhi perkembangan anak hingga masa depannya nanti.

Begitu pula sebagai orang yang lebih muda sudah selayaknya menghormati dan menghargai yang lebih tua. Dalam hal ini melatih kesabaran adalah hal yang sangat penting saat menghadapi masalah baik dengan orang yang lebih tua, maupun saat kita mencoba memecahkan masalah yang berkaitan dengan anak-anak kita.

Dan jangan lupa bahwa kita adalah teladan bagi anak-anak kita. Hendaknya kita selalu  berhati-hati dalam bersikap dan mengambil tindakan, jangan sampai anak kita meniru hal-hal negatif yang kita lakukan.

Usahakan untuk selalu memberikan yang terbaik buat keluarga. Pengorbanan terbaik apapun yang kita lakukan dengan ikhlas, niscaya dicatat sebagai amal dan akan mendapatkan pahala dari Allah SWT.

Sekarang marilah kita membahas mengenai bagaimana cara memilih sekolah untuk anak.

Memilih sekolah untuk anak bukan hal yang sepele, karena sekolah akan ikut berperan dalam membentuk karakter anak.

Berikut tips memilih sekolah untuk anak, agar kita tidak menyesal di kemudian hari :
1. Pahami Visi dan Misi Sekolah
Ini sangatlah penting. Sesuaikah visi misi sekolah dengan visi misi kita dalam mendidik anak? Hal ini penting supaya apa yang kita tanamkan pada anak kita dengan apa yang diajarkan oleh guru di sekolah bisa selaras.
Sekolah yang memiliki kualitas baik tentu saja memiliki visi dan misi yang jelas, terukur dan realistis. Pernyataan visi dan misi ini dapat dipotret dari beberapa aspek, antara lain aspek keagamaan, akademis, mental, perilaku, kecakapan hidup, kemandirian, dan kewirausahaan.

2. Kurikulum Pembelajaran
Kurikulum bisa dikatakan sebagai jantungnya pendidikan. Kurikulum berisi tentang perencanaan pembelajaran yang menyangkut semua kegiatan yang dilakukan dan dialami peserta didik dalam perkembangan, baik formal maupun informal guna mencapai tujuan pendidikan.

3. Gedung dan Fasilitas
Komponen pendidikan yang tidak kalah pentingnya adalah bangunan fisik, ruang kelas, taman, perpustakaan, laboratorium, sarana olahraga dan kesenian, arena bermain, kantin, perlengkapan kelas, sampai dengan alat peraga edukasi yang dimiliki. Sekolah yang nyaman, akan menjadikan anak lebih betah dalam belajar.

4. Lokasi Sekolah dan Lingkungan
Lokasi yang dimaksud dapat dipandang dari jarak sekolah ke rumah, lingkungan sekitar dan sarana transportasinya. Bisa dibayangkan seorang anak yang kelelahan saat sampai di sekolah, sehingga mengikuti pelajaran tidak optimal.

5. Biaya Pendidikan
Sekolah-sekolah favorit biasanya biayanya mahal, tentu harus diikuti dengan pendidikan yang berkualitas. Orang tua hendaknya sudah mampu mengukur kemampuannya secara ekonomi, termasuk anggaran lain di luar program sekolah seperti uang saku, transportasi, perlengkapan sekolah dan lain-lain.

6. Tenaga Gurunya
Guru merupakan ujung tombak dalam pengajaran di sekolah, dari mana mereka berasal dan seberapa besar minat mereka pada pendidkan dapat menjelaskan kualitas pendidikan yang akan dihasilkan.

7. Kegiatan Alternatif
Kurikulum nasinal menjadi acuan semua sekolah baik negeri maupun swasta, namun aktivitas yang ditawarkan sering kali berbeda, sekolah swasta menawarkan aktivitas yang khas dan tujuan yang khas pula.

8. Lihat Prestasi dan Keberhasilan Alumninya
Sekolah yang baik, selain unggul di dalam proses pembelajaran, juga unggul pada hasilnya. Yang disebut prestasi tidak hanya secara akademik, tetapi juga non akademik baik siswa, guru maupun institusinya.
Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...