Aug 12, 2010

Tips Agar Anak Lelap Tidur

Tips Agar Anak Lelap Tidur.
Geniuslifetips menyajikan aneka Tips Keluarga. Dalam sebuah keluarga, peranan orang tua dalam membesarkan dan mendidik anak sangat mempengaruhi perkembangan anak hingga masa depannya nanti.

Begitu pula sebagai orang yang lebih muda sudah selayaknya menghormati dan menghargai yang lebih tua.

Dan jangan lupa bahwa kita adalah teladan bagi anak-anak kita. Hendaknya kita selalu berhati-hati dalam bersikap dan mengambil tindakan, jangan sampai anak kita meniru hal-hal negatif yang kita lakukan.

Usahakan untuk selalu memberikan yang terbaik buat keluarga. Pengorbanan terbaik apapun yang kita lakukan dengan ikhlas, niscaya dicatat sebagai amal dan akan mendapatkan pahala dari Allah SWT.

Nah, kualitas tidur bayi, hal ini tidak hanya berpengaruh pada perkembangan fisik, tapi juga sikapnya keesokan hari.

Berikut tips agar anak terlelap tidurnya :
1. Berikan makanan dan minuman yang cukup sebelum tidur. Perlu diperhatikan, kebiasaan memberikan susu di malam hari sebaiknya dihentikan setelah gigi bayi muncul (sekitar usia 6 bulan setelah masa ASI ekslusif). Sebagai gantinya, berikan air putih jika ia haus.
2. Kenakan baju yang tepat. Pilihlah baju untuk tidur yang nyaman, sesuaikan ukuran dan berbahan lembut.
3. Bersihkan badan. Tubuh lengket karena keringat dan kotor membuat kulit bayi gatal-gatal. Seka tubuh bayi dengan kain lap basah, sapukan bedak/minyak telon ke lipatan kulitnya
4. Atur kamar tidur (tata cahaya, ventilasi, tata warna, suhu, keadaan boks, kelambu) agar nyaman. Hindarkan suara bising, pewangi ruangan dan anti nyamuk yang bisa membuatnya sesak napas.
5. Pilih cat dinding dengan warna lembut. Bila ingin memasang gambar, pilih gambar yang indah atau menyenangkan.
6. Buang air sebelum tidur. Celana basah dan kotor bisa mengganggu tidur bayi. Karena itu, usahakan agar bayi buang air besar atau buang air kecil sebelum tidur.
7. Mendongeng secara lembut dan berulang-ulang. Dongeng membuat bayi cepat terlelap. Pilihlah dongeng yang lucu, menarik dan singkat.
8. Lengkapi dongeng dengan nyanyian Nina Bobo atau lagu lain sejenisnya yang mampu menenangkan bayi. Ucapkan kata-kata penuh rasa sayang dengan lembut dan sayup-sayup ditelinganya.
9. Musik atau murotal Al-Qur'an sebagai pengantar tidur, akan membuai bayi dengan cepat, juga memberikan efek terapi yang dapat merangsang perkembangan otak bayi.
10. Pola hidup teratur/rutinitas membantu bayi menemukan ritme kehidupan. Ritme teratur membuat bayi mampu melakukan antisipasi terhadap situasi sehingga ia dapat memperoleh kestabilan emosi.
Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment