Aug 11, 2010

Mengatasi Anak Yang Manja

Mengatasi Anak Yang Manja.
Geniuslifetips menyajikan aneka Tips Keluarga. Dalam sebuah keluarga, peranan orang tua dalam membesarkan dan mendidik anak sangat mempengaruhi perkembangan anak hingga masa depannya nanti.

Begitu pula sebagai orang yang lebih muda sudah selayaknya menghormati dan menghargai yang lebih tua.

Dan jangan lupa bahwa kita adalah teladan bagi anak-anak kita. Hendaknya kita selalu berhati-hati dalam bersikap dan mengambil tindakan, jangan sampai anak kita meniru hal-hal negatif yang kita lakukan.

Usahakan untuk selalu memberikan yang terbaik buat keluarga. Pengorbanan terbaik apapun yang kita lakukan dengan ikhlas, niscaya dicatat sebagai amal dan akan mendapatkan pahala dari Allah SWT.

Manja adalah kecenderungan dalam diri anak untuk selalu menuntut perhatian dan pelayanan dari orang lain. Ciri anak yang manja terkesan ragu-ragu atau gugup dalam sebuah situasi yang baru.

Cara untuk mengatasi anak yang manja berlebihan :
1. Usahakan agar anak juga banyak melihat kegiatan dan mendengar pembicaraan orang-orang di sekitar, tidak selalu menjadi pusat perhatian.
2. Anak yang manja, coba alihkan pada hal yang disukai anak.
3.Anak tiga tahun, saat dimulainya pola bermain koperatif, anda dapat melatih anak untuk berbagi alat bermain.
4. Bermanja itu lebih merupakan sebuah kegelisahan. Berikan sebuah pelukan kasih sayang dan kata-kata yang membuat dirinya nyaman.
5. Bantulah untuk dapat menyesuaikan diri pada lingkungan baru.
6. Ketika anda membawa anak yang manja kesebuah tempat penitipan anak, untuk sementara bantulah dirinya memulai bermain dengan puzzle atau mainan yang lain sebelum meninggalkan dirinya.
Artikel Terkait

5 comments:

  1. that's interesting article, i will apply it later when I have children.

    http://udhnr.blogspot.com/2010/08/crescent-in-parangtritis-yogyakarta.html

    ReplyDelete
  2. anak menjadi manja terkadang akibat dari kesalahan kita sendiri sbg orangtua. Keterbatasan waktu kita untuk bersamanya sbg akibat dari aktivitas pekerjaan, menjadi pendorong kita untuk mengkonpensasikannya dalam bentuk sikap "menuruti semua permintaan" anak. Yah.. ini bisa dalam bentuk uang atau bukan. Ini adalah salah satu hal yg mesti kita waspadai, selain yg dikemukakan Mas Ponco di atas...

    Ok, thanks 4 share bro...

    Salam dr tetangga, blogger Pacitan :)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...