Aug 5, 2010

Memahami Hidup Adalah Perjuangan

Memahami Hidup Adalah Perjuangan.
Dalam menjalani kehidupan, kita pasti akan menghadapi segala macam permasalahan yang kadang kita merasa kesulitan mencari jalan keluarnya. Dampak dari permasalahan yang kita hadapi dan harus kita selesaikan, bisa membuat kita menjadi kurang semangat, bahkan patah semangat.

Padahal Allah SWT sangat mencintai dan menyayangi hambanya. Allah SWT tidak akan memberikan cobaan tanpa manusia sanggup menghadapinya. Oleh sebab itu, kita tidak usah bingun dan putus asa, tetap semangat, tetap berusaha dan jangan lupa berdoa, agar persoalan yang kita hadapi dapat segera terselesaikan.

Berikut ini Geniuslifetips menyajikan beberapa artikel motivasi, semoga dapat menambah semangat kita semua dalam menjalani kehidupan.

Tidak ada sukses tanpa perjuangan. 
Kesuksesan tidak turun dari langit, namum melalui sebuah proses panjang perjuangan. Hidup dan mati sengaja diciptakan Allah SWT. sebagai ujian, agar Dia mengetahui siapa di antara manusia yang terbaik kualitas amalnya.

Oleh karena itu tidak akan ada manusia yang bisa berubah posisi derajatnya, tanpa terlebih dahulu melewati serangkaian ujian dan perjuangan.

Hidup adalah perjuangan. Siapa pun yang menikmati perjuangan tersebut adalah pemenang sejati. Setelah kita memahami bahwa hidup adalah rangkaian perjuangan menghadapi ujian demi ujian, sehingga kita tidak bisa lepas dari hadirnya ujian, bagaimana agar kita bisa menikmati ujian-ujian tersebut?

Ada beberapa hal yang bisa mengantarkan kita untuk bisa merasakan aroma nikmat perjuangan dalam konteks yang lebih luas :
1. Semua yang terjadi karena takdir Allah
"Tak ada sesuatu musibah pun yang menimpa seseorang kecuali dengan ijin Allah"
QS. Al-Taghaabun:11)

2. Memahami hakikat ujian
Karena ujian hidup merupakan sebuah kepastian, maka tak seorang pun luput darinya. Semakin tinggi kedudukan seseorang, semakin berat pula ujiannya. Karena itu, Rasulullah SAW pernah mengajarkan itu kepada umat Islam dalam menjalani hidup ini, sekaligus sebagai pujian bagi seorang mukmin yang telah berhasil mendapatkan manisnya keimanan.

3. Mengharap surga Allah
Harapan yang kuat akan mempermudah munculnya semangat juang dalam meraih cita-cita, demikian pula sebaliknya. Harapan yang besar dan jelas akan membantu seseorang untuk terus bangkit sekalipun harus jatuh bangun berkali-kali. Sedangkan harapan yang benar akan membantu seseorang untuk meraih sesuatu yang seharusnya ia perjuangkan.

4. Melihat orang yang-orang yang lebih berat ujiannya.

5. Antara lelah dan pahala
Semakin berat dan sulit sebuah perjuangan, semakin besar nilai dan pahalanya di sisi Allah.
Artikel Terkait

4 comments:

  1. artikel yang sangat bagus, menambah motivasi hidup

    ReplyDelete
  2. Nice post.. sangat memotivasi untuk menuju kebaikan ... semoga menjadi kebaikan buat penulisnya :)

    ReplyDelete
  3. great post u have here, keep in touch


    http://dwellarticles.blogspot.com/2010/08/ups-this-page-banned-my-site.html

    ReplyDelete