Jul 13, 2010

Tips Merawat Rambut dan Kulit Kepala

Geniuslifetips menyajikan aneka tips perawatan, baik perawatan tubuh, perawatan barang berharga, perawatan kecantikan, dan lain-lain. Semoga dengan perawatan yang rutin, segala sesuatu, apa saja yang kita miliki dapat awet, bertahan lama dan selalu dalam kondisi yang baik.

Kuncinya adalah dengan telaten dan sabar dalam merawat, dan perlu diingat bahwa semua yang kita miliki adalah karunia Allah SWT yang harus kita jaga dengan sebaik-baiknya.

Silakan simak Tips Merawat Rambut dan Kulit Kepala berikut ini, yang disarikan dari berbagai sumber.
1. Perlancar aliran darah di kepala.
Lakukan pemijatan kulit kepala anda dengan ujung-ujung jari setiap hari. Sebelum anda tidur, cobalah tundukkan kepala dan sikat rambut dengan lembut mulai dan akar hingga ujung rambut. Atau anda bisa lakukan senam yang mengutamakan kekuatan jantung seperti aerobik dan joging. Kegiatan ini akan memacu jantung untuk memompa darah lebih cepat ke seluruh tubuh sehingga nutrisi hingga ke daerah akar rambut lebih cepat.

2. Hilangkan ujung rambut yang rusak.
Biasanya ujung-ujung rambut yang rusak akan merambat ke batang rambut dan menyebabkan batang rambut ikut rusak jika tidak dirawat. Sehingga secara keseluruhan rambut dapat menjadi lebih cepat rusak termasuk rambut baru yang tumbuh. Untuk mencegah hal tersebut sebaiknya anda potong rambut anda setiap 8 hingga 10 minggu sekali dan cobalah anda trim ujung-ujung rambut anda. Jelaskan kepada penata rambut bahwa anda hanya ingin memotong ujung-ujung rambut yang pecah-pecah saja. Biasanya penata rambut tersebut akan memotong dalam keadaan kering karena sangat sukar mendeteksi ujung rambut yang pecah dalam keadaan basah.

3. Biarkan kulit kepala bernafas.
Rambut yang tertutup akan membuat minyak dan kotoran menumpuk pada akar rambut sehingga kulit tidak bisa bernapas. Hal ini akan membuat pertumbuhan rambut menjadi terganggu. Agar pertumbuhan rambut berjalan baik maka anda harus menjaga kulit kepala selalu bersih. Jika anda sering berkeringat atau rambut anda berminyak maka tidak ada salahnya untuk melakukan keramas setiap hari dengan menggunakan shampo yang sangat lembut sesuai jenis rambut anda.
Jagalah kebersihan perangkat rias rambut terutama sisir karena bila kotor maka kotorannya akan menumpuk pada rambut dan kulit kepala setiap kali anda menyisirnya.

4. Manjakan rambut.
Rambut panjang merupakan rambut yang tua dan cenderung rapuh. Perlakukanlah dengan sangat hati-hati dengan memilih shampo lembut yang memiliki kandungan pelembab. Apabila anda sering menggunakan hairdryer, catok dan alat penata rambut lainnya sebaiknya anda oleskan kondisioner dan serim setelah anda melakukan keramas. Hal ini berfungsi untuk melindungi rambut dari suhu tinggi. Lakukan juga perawatan rambut dengan memasker rambut seminggu sekali agar rambut anda lebih sehat. Sebaiknya anda juga jangan terlalu sering mengikat rambut ke belakang karena akan memudahkan rambut menjadi patah.
Demikian artikel tentang Tips Merawat Rambut dan Kulit Kepala, semoga bermanfaat bagi anda.
Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment