Jul 13, 2010

Tips Merawat Gigi Dengan Benar

Geniuslifetips menyajikan aneka tips perawatan, baik perawatan tubuh, perawatan barang berharga, perawatan kecantikan, dan lain-lain. Semoga dengan perawatan yang rutin, segala sesuatu, apa saja yang kita miliki dapat awet, bertahan lama dan selalu dalam kondisi yang baik.

Kuncinya adalah dengan telaten dan sabar dalam merawat, dan perlu diingat bahwa semua yang kita miliki adalah karunia Allah SWT yang harus kita jaga dengan sebaik-baiknya.

Perlu diketahui, bahwa warna gigi dipengaruhi oleh pembentukan tulang, yang pada dasarnya memiliki genetika yang berbeda. Lalu bagaimana tips merawat gigi dengan benar?

Berikut ini Tips Merawat Gigi Dengan Benar, yang dirangkum dari berbagai sumber;
* Gosok gigi minimal 2 kali sehari.
* Ganti sikat gigi 3-4 bulan sekali. Pilih sikat gigi yang bulunya lembut dengan kepala sikat yang dapat menjangkau semua bagian gigi.
* Untuk balita dan anak-anak, ajarkan cara menggosok gigi yang benar.
* Bersihkan gigi dengan menggunakan dental floss, sehari sekali.
* Merokok dapat menyebabkan kerusakan pada gigi, untuk itu hilangkan kebiasaan buruk itu untuk menjaga gigi Anda, selain untuk menjaga kesehatan Anda.
* Periksakan mulut dan gigi anda secara teratur ke dokter paling tidak 6 bulan sekali.
* Jika terjadi masalah pada gigi atau gusi, jangan segan-segan untuk segera ke dokter gigi Anda.
* Jangan lupa sikat lidah, yang merupakan tempat berkumpulnya bakteri yang dapat
menyebabkan bau mulut.
* Gunakan pasta gigi yang mencantumkan ADA untuk memastikan kandungan fluoride cukup untuk mencegah lubang dan kerusakan gigi.
* Gunakan obat kumur.
* Permen karet tanpa gula, mengunyah permen karet tanpa gula dapat meningkatkan aliran air liur yang dapat membersihkan partikel makanan dan asam penyebab kerusakan gigi.
* Hindari makanan yang banyak mengandung gula dan manis, seperti sirup, permen, dan cokelat.
* Minum air setelah makan.
* Biasakanlah untuk makan buah-buahan segar. Selain baik untuk kesehatan, seratnya dapat membantu menghilangkan kotoran yang ada di gigi.
* Makanlah makanan yang seimbang dan kaya kalsium, seperti susu, keju, telur, teri, bayam, katuk, sawi, dan agar-agar.

Konsultasi ke Dokter Gigi :
Kenyataannya, perawatan gigi yang dilakukan secara personal tidaklah cukup. Gigi juga memerlukan perawatan secara profesional, terlebih pada gigi sensitif atau gigi yang telah terlanjur mengalami kerusakan, misalnya, gigi berlubang.
* Periksa setiap 6 bulan sekali
Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk memeriksakan gigi ke dokter gigi secara teratur setiap 6 bulan sekali. Konsultasi ke dokter gigi diperlukan untuk mendapatkan tahap-tahap perawatan gigi, terutama pada gigi yang bermasalah.
* Patuhi jadwal perawatan
Jika gigi bermasalah, jangan lupa untuk menanyakan kepada dokter akibat yang mungkin timbul dari tindakan yang dilakukan dokter gigi. Patuhi jadwal perawatan. Jangan ke dokter gigi hanya ketika merasa sakit gigi karena keterlambatan penanganan dapat menyebabkan penyakit yang lebih serius lagi.
Demikian artikel Tips Merawat Gigi Dengan Benar semoga bermanfaat bagi anda.
Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment