Jul 13, 2010

Tips Menjaga Kesehatan Mata

Tips Menjaga Kesehatan Mata.
Geniuslifetips menyajikan aneka Tips Kesehatan. Kesehatan adalah kenikmatan luar biasa yang diberikan oleh Allah SWT kepada makhluknya. Sudah sepantasnya kita senantiasa mensyukuri nikmat kesehatan yang telah diberikan oleh Allah SWT kepada kita.

Begitu pentingnya kesehatan itu sehingga Rasulullah SAW memberikan pesan kepada kita untuk senantiasa memanfaatkan dan memperhatikan lima perkara sebelum datangnya lima perkara:
"Ambillah lima perkara sebelum datangnya lima perkara, yaitu hidupmu sebelum datang ajalmu, jagalah kesehatanmu sebelum datang sakitmu, manfaatkan sebaik-baiknya kesempatanmu sebelum datang kesibukanmu, manfaatkan masa mudamu sebelum datang waktu tuamu, manfaatkanlah waktu kayamu sebelum datang waktu fakirmu. (HR. Ahmad dan Baihaqi)"

Salah satu dari lima pesan Rasulullah SAW tersebut, adalah agar kita selalu menjaga kesehatan, sebelum datangnya waktu sakit.

Nah, kali ini Geniuslifetips menyajikan tips menjaga kesehatan mata, yang dikutip dari berbagai sumber, silakan simak berikut ini:
Tips Menjaga Kesehatan Mata:
1. Di Depan Komputer.
Pasang filter layar untuk mengurangi radiasi yang dipancarkan. Apabila Anda sudah menggunakan monitor LCD ataupun laptop, set brightness layar sehingga tidak terlalu terang (tajam). Bagi Anda dengan keseharian bekerjadi depan komputer, usahakan untuk selalu banyak berkedip atau break sejenak meninggalkan komputer Anda, cobalah untuk mengarahkan pandangan mata Anda ke lain tempat, sehingga memberikan waktu relaksasi pada mata Anda.
2. Berada di Luar Ruangan.
Setiap beraktifitas di luar ruangan -terutama di siang hari- kenakan sunglasses
3. Konsumsi Makanan Bergizi.
Selain wortel, masih banyak lagi makanan yang baik untuk mata. Seperti mangga yang mengandung betakaroten serta vitamin C dan E atau ikan laut yang merupakan sumber decosahexaenoid (DHA) yang berperan penting untuk kesehatan mata.
4. Membaca Buku.
Paling baik, jarak antara buku dan mata adalah sekitar 30 cm. Lalu usahakan posisi buku sejajar dengan mata. Jadi, bagi Anda yang sering membaca buku sambil tidur-tiduran, cobalah untuk menghentikan kebiasaan tersebut.
5. Nonton TV.
Lakukan di ruangan dengan pencahayaan cukup terang dan pastikan lampu berada di langit-langit, bukan di belakang TV. Sedangkan jarak aman untuk menonton TV adalah 5 x Panjang Diagonal Layar. Contohnya, untuk televisi 14 inch, jarak amannya adalah sekitar 1.75 meter.
Untuk 20 inch, sekitar 2.5 meter dan seterusnya.
Demikian artikel tentang Tips Menjaga Kesehatan Mata, semoga bermanfaat bagi anda.
Artikel Terkait

1 comments: