Jul 13, 2010

Tips Mengurangi Kerontokan Rambut

Tips Mengurangi Kerontokan Rambut.
Geniuslifetips menyajikan aneka Tips Kesehatan. Kesehatan adalah kenikmatan luar biasa yang diberikan oleh Allah SWT kepada makhluknya. Sudah sepantasnya kita senantiasa mensyukuri nikmat kesehatan yang telah diberikan oleh Allah SWT kepada kita.

Begitu pentingnya kesehatan itu sehingga Rasulullah SAW memberikan pesan kepada kita untuk senantiasa memanfaatkan dan memperhatikan lima perkara sebelum datangnya lima perkara:
"Ambillah lima perkara sebelum datangnya lima perkara, yaitu hidupmu sebelum datang ajalmu, jagalah kesehatanmu sebelum datang sakitmu, manfaatkan sebaik-baiknya kesempatanmu sebelum datang kesibukanmu, manfaatkan masa mudamu sebelum datang waktu tuamu, manfaatkanlah waktu kayamu sebelum datang waktu fakirmu. (HR. Ahmad dan Baihaqi)"

Salah satu dari lima pesan Rasulullah SAW tersebut, adalah agar kita selalu menjaga kesehatan, sebelum datangnya waktu sakit.

Berikut ini Tips Mengurangi Kerontokan Rambut, yang dikutip dari berbagai sumber:
Kerontokan rambut disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor herediter atau keturunan dan faktor didapat. Kerontokan karena faktor keturunan memang tidak banyak yang bisa dilakukan selain mencegah agar kerontokan tidak berlangsung dengan cepat. Sedangkan faktor yang didapat, ada yang disebabkan oleh karena penyakit dan ada pula karena kesalahan perawatan rambut.

Lalu bagaimana cara mengurangi terjadinya kerontokan rambut? Berikut tipsnya :
* Makanlah makanan yang bergizi terutama yang banyak mengandung protein dan zat besi.
Protein sangat penting untuk pertumbuhan organ tubuh termasuk rambut. Sumber protein utama berasal dari ikan, telur, kacang kacangan, yogurt, kedelai dan lain lain.
* Hindari stress karena stress akan menganggu metabolisme tubuh yang imbasnya ke rambut juga.
* Jauhi obat obatan yang dapat menganggu pertumbuhan rambut.
* Rajinlah berolah raga. Berolah raga secara teratur akan memperlancar peredaran darah termasuk peredaran darah pada kulit kepala yang akan menutrisi rambut.
* Selain rajin berolah raga, beristirahatlah yang cukup sehingga pertumbuhan rambut anda lebih optimal.
* Berhentilah merokok, kurangi konsumsi kafein. Kedua zat ini tidak baik untuk rambut anda.
* Hindari penggunaan air yang terlalu panas saat keramas dan hindari pula menggunakan pengering rambut yang terlalu sering. Keringkanlah rambut anda hanya dengan handuk dan meng-anginkan di udara terbuka.
* Lindungilah kulit kepala anda dari sinar matahari langsung.
* Pilihlah menggunakan shampoo herbal yang bagus, jangan menggunakan shampoo yang terbuat dari bahan kimia yang tidak jelas.
* Sisirlah rambut anda dengan lembut saat rambut masih dalam keadaan agak basah.
* Kurangi penggunaan gel rambut, krim, minyak rambut, pewarna rambut dan spray rambut.
Gunakanlah produk yang terbuat dari bahan alami.
* Saat anda mencukur rambut, sarankanlah tukang cukur anda menggunakan gunting yang cukup tajam.
* Hindari kebiasaan menarik narik rambut dengan alasan tidak jelas.
Demikian artikel tentang Tips Mengurangi Kerontokan Rambut, semoga bermanfaat bagi anda.
Artikel Terkait

2 comments: