Jul 14, 2010

Tips Berolah Raga Agar Tetap Bugar

Tips Berolah Raga Agar Tetap Bugar.
Geniuslifetips menyajikan aneka Tips Kesehatan. Kesehatan adalah kenikmatan luar biasa yang diberikan oleh Allah SWT kepada makhluknya. Sudah sepantasnya kita senantiasa mensyukuri nikmat kesehatan yang telah diberikan oleh Allah SWT kepada kita.

Begitu pentingnya kesehatan itu sehingga Rasulullah SAW memberikan pesan kepada kita untuk senantiasa memanfaatkan dan memperhatikan lima perkara sebelum datangnya lima perkara:
"Ambillah lima perkara sebelum datangnya lima perkara, yaitu hidupmu sebelum datang ajalmu, jagalah kesehatanmu sebelum datang sakitmu, manfaatkan sebaik-baiknya kesempatanmu sebelum datang kesibukanmu, manfaatkan masa mudamu sebelum datang waktu tuamu, manfaatkanlah waktu kayamu sebelum datang waktu fakirmu. (HR. Ahmad dan Baihaqi)"

Salah satu dari lima pesan Rasulullah SAW tersebut, adalah agar kita selalu menjaga kesehatan, sebelum datangnya waktu sakit.

Dengan selalu menjaga kesehatan, kita akan memperoleh stamina dan daya tahan tubuh yang maksimal, dan dapat melakukan banyak hal yang positif. Perlu diketahui, bahwa tidak semua jenis olahraga yang baik untuk kebugaran. Hanya olah raga “Aerobik” yang dapat menjaga kebugaran. Aerobik yang dimaksud disini bukanlah senam aerobik yang sering dilakukan pada pusat kebugaran, walaupun ia termasuk salah satunya. Aerobik adalah olahraga yang mampu meningkatkan kemampuan jantung, paru-paru dan peredaran darah sehingga lebih maksimal. Namun, terdapat kesalahpahaman persepsi pada masyarakat, bahwa Aerobik, hanyalah senam aerobik saja.

Olah raga yang tergolong pada Aerobik yaitu : Jogging (lari), jalan cepat, bersepeda statis, senam aerobik dan renang.
Jika anda ingin bugar, lakukanlah olah raga Aerobik yang lebih memberikan manfaat bagi kualitas daya tahan tubuh. Tetapi, begitu banyak kesalahan persepsi masyarakat terhadap cara berolahraga yang baik dan benar, sehingga terkadang kita berolahraga dengan “sembarangan”, sehingga kita tidak memperoleh hasil maksimal kecuali rasa letih sehabis berolahraga.

Berikut tips berolah raga agar tetap bugar dikutip dari berbagai sumber:
1. Pilihlah waktu berolah raga yang tepat.
Setelah selesai berolahraga, maka tubuh akan merasa lelah. Oleh karena itu, sebaiknyapilihlah waktu dimana setelah berolahraga anda tidak melakukan aktivitas yang berat. Jika anda bekerja dipagi hari, usahakanlah berolahraga di sore hari. Agar dapar beristirahat pada malam harinya.
2. Mulailah latihan dengan pemanasan, biasanya dengan peregangan kurang lebih 10 menit.
3. Pada zone latihan inti, denyut nadi harus mencapai optimal. Jika tidak, maka olahraga anya akan memberikan sekedar rasa letih tanpa manfaat yang berarti. Cara menghitung denyut nadi optimal adalah :
Denyut Nadi Maksimal (DNM) : 220 - Usia
Misal Usia 25 tahun, maka DNM = 220 – 25 = 195 denyut/menit
Maka Denyut Nadi Optimal (DNO)nya adalah 60%-80% dari DNM nya.
Berarti 60%-80% dari 195 Denyut/menit = 117 – 156 denyut/menit.
Jika denyut nadi latihan anda dibawah itu, maka latihan tidak akan dapat meningkatkan daya tahan tubuh, sebaliknya, jika diatas itu, maka latihan tersebut terlalu berat dan berbahaya bagi jantung.
4. Lakukan olahraga dengan teratur dan imbangi dengan gizi yang cukup.
5. Jangan lakukan olahraga dengan terpaksa dan memaksakan diri karena berbahaya bagi tubuh anda.
Demikian artkel tentang Tips Berolah Raga Agar Tetap Bugar, semoga bermanfaat buat anda.
Artikel Terkait

2 comments: