Jul 14, 2010

Tips Berlatih Efektif Di Gym

Tips Berlatih Efektif Di Gym.
Geniuslifetips menyajikan aneka Tips Kesehatan. Kesehatan adalah kenikmatan luar biasa yang diberikan oleh Allah SWT kepada makhluknya. Sudah sepantasnya kita senantiasa mensyukuri nikmat kesehatan yang telah diberikan oleh Allah SWT kepada kita.

Begitu pentingnya kesehatan itu sehingga Rasulullah SAW memberikan pesan kepada kita untuk senantiasa memanfaatkan dan memperhatikan lima perkara sebelum datangnya lima perkara:
"Ambillah lima perkara sebelum datangnya lima perkara, yaitu hidupmu sebelum datang ajalmu, jagalah kesehatanmu sebelum datang sakitmu, manfaatkan sebaik-baiknya kesempatanmu sebelum datang kesibukanmu, manfaatkan masa mudamu sebelum datang waktu tuamu, manfaatkanlah waktu kayamu sebelum datang waktu fakirmu. (HR. Ahmad dan Baihaqi)"

Salah satu dari lima pesan Rasulullah SAW tersebut, adalah agar kita selalu menjaga kesehatan, sebelum datangnya waktu sakit.

Cara menjaga kesehatan adalah dengan rajin berolahraga, salah satu pilihannya adalah  dengan verlatih di gym.

Inilah Tips Berlatih Efektif Di Gym dikutip dari berbagai sumber:
Strategi mendapatkan tubuh ideal dan bugar, dengan menghemat waktu di gym:
1. 1 set sudah cukup
Lakukan 1 set latihan kekuatan, terdiri dari 8-12 repetisi, menggunakan beban dengan berat maksimal yang bisa Anda angkat. Dengan beban yang lebih berat, Anda akan mendapat kekuatan dan ketahanan otot yang sama dengan jika melakukan latihan 2-3 set dengan beban sedang.
Lumayan kan, Anda bisa menghemat waktu sampai 15 menit.
2. Terus menanjak
Pilih posisi menanjak saat berlatih di treadmill, sehingga intensitas latihan dan kalori yang terbakar akan meningkat. Jika biasanya Anda berlatih cardio dengan posisi datar selama 45 menit, dengan posisi menanjak Anda cukup melakukannya 25 menit saja.
3. Manfaatkan jeda
Lakukan latihan upper body dan lower body bergantian tanpa jeda. Efektifkan waktu istirahat anda selama 60 detik, segera lakukan 1 set lunges (latihan untuk memperkuat otot paha dan bokong), setelah Anda menyelesaikan 1 set bicep curls. Jika Anda melakukan 10 set, Anda sudah menghemat waktu 10 menit.
Demikian artikel tentang Tips Berlatih Efektif Di Gym, semoga bermanfaat buat anda.
Artikel Terkait

2 comments: