Jul 14, 2010

Tips Belanja Hemat

Tips Belanja Hemat.
Geniuslifetips menyajikan artikel tentang Tips Gaya Hidup. Dengan menerapkan gaya hidup teratur, terkontrol, kita akan merasakan kebahagiaan dalam menjalani kehidupan.

Selayaknya kita memperhatikan dengan cermat apa yang akan kita beli, kita makan, kita minum, kita pakai, kita kenakan dan kita gunakan.

Dengan gaya hidup yang benar, tidak saja akan berpengaruh baik pada diri sendiri tetapi juga akan berdampak positif terhadap orang lain dan lingkungan sekitar kita.

Ketika berbelanja di supermarket, kadang secara tidak sadar saya membeli sesuatu yang sebetulnya tidak terlalu diperlukan pada saat itu. Ini namanya belanja tidak efektif, cenderung pemborosan.
Lalu sebetulnya bagaimana cara berbelanja dengan hemat?

Berikut Tips Belanja Hemat, dirangkum dari berbagai sumber:
1.Buat daftar belanja rutin untuk barang yang dibutuhkan setiap bulan sesuai dengan budget bulanan yang sudah dibuat.
2. Bawalah uang tunai seperlunya sesuai dengan kebutuhan belanja Anda.
3. Hindarilah membawa kartu ATM, dan kartu kredit Anda.
4. Biasakan pergi berbelanja secara teratur misalnya setiap satu atau dua bulan sekali berdasarkan “kebutuhan” dan bukan “keinginan” apalagi jika hanya sekedar jalan-jalan.
5. Berbelanjalah di pusat perkulakan daripada di minimarket. Selain ragam barang yang tersedia kurang lengkap, hargapun biasanya lebih mahal.
6. Membeli barang dengan jumlah yang lebih banyak akan lebih menguntungkan karena lebih murah. Hal ini tentunya baru dapat dilakukan jika cash flow Anda memungkinkan.
7. Lakukan riset untuk mendapatkan tempat belanja yang selalu memberikan harga yang paling murah dan sering berpromosi. Siapa tahu Anda mendapatkan barang yang kebetulan anda mau beli dengan harga miring.
8. Shop smart – pandai-pandailah memilih barang yang berkualitas cukup baik dengan harga ekonomis. Jangan ragu menggunakan produk generik untuk pemakaian setiap hari seperti pembersih lantai misalnya.
9. Jangan lupa, memilih tempat belanja yang memberikan free parking akan menambah nilai belanja hemat Anda.
10. Usahakan untuk mengisi perut sebelum pergi belanja. Hal ini untuk menghindari pengeluaran tambahan dengan makan diluar.
11. Manfaatkan layanan dan fasilitas yang diberikan pusat perbelanjaan seperti membership, point reward, dan lain-lain.
12. Setelah daftar barang terpenuhi, pastikan untuk pulang tanpa mampir-mampir ke tempat lain.
13. Jangan mudah tergiur dengan tulisan diskon, sale ataupun obral besar-besaran yang ada.
14. Apabila tergoda, Ingatlah selalu "spend less=save more",semakin banyak yang ditabung, semakin cepat tujuan keuangan kita tercapai.
Demikian artikel tentang Tips Belanja Hemat, semoga bermanfaat buat anda.
Artikel Terkait

1 comments: