Jul 16, 2010

Menghadapi Penyesalan

Menghadapi Penyesalan.
Dalam menjalani kehidupan, kita pasti akan menghadapi segala macam permasalahan yang kadang kita merasa kesulitan mencari jalan keluarnya.

Dampak dari permasalahan yang kita hadapi dan harus kita selesaikan, bisa membuat kita menjadi kurang semangat, bahkan patah semangat.

Padahal Allah SWT sangat mencintai dan menyayangi hambanya. Allah SWT tidak akan memberikan cobaan tanpa manusia sanggup menghadapinya.

Oleh sebab itu, kita tidak usah bersedih dan bingung, tetap semangat dan tetap berusaha dan jangan lupa berdoa, agar persoalan yang kita hadapi dapat segera terselesaikan.

Berikut ini Geniuslifetips menyajikan beberapa kata motivasi, semoga dapat menambah semangat kita semua dalam menjalani kehidupan.
Kita harus berhadapan dengan penyesalan. Menjadi dewasa berarti belajar menerima segala hal yang tidak dapat kita ubah, menghadapi penderitaan yang tidak putus, dan belajar mencintai hidup seperti apa adanya, bukan sebagaimana yang kita kehendaki. Barbara Sher

Jadi pedoman kita dalam menjalani hidup ini adalah : kita harus sabar dan tabah menghadapi segalanya.

Sabar adalah menahan jiwa dari mendongkol, menahan lisan dari berkeluh kesah dan marah serta menahan anggota badan dari melakukan perbuatan-perbuatan yang diharamkan seperti menampar-nampar pipi atau merobek-robek kerah baju (Al Jadid fi Syarhi Kitab At Tauhid, hlm. 314).
Sabar ada tiga macam;
1. Sabar dalam ketaatan
2. Sabar dalam menahan diri dari melakukan kemaksiatan
3. Sabar dalam menghadapi takdir Alloh yang terasa menyakitkan.

Di antara ketiga macam sabar ini, sabar dalam ketaatan adalah macam sabar yang tertinggi. Namun adakalanya bersabar dalam menahan diri dari kemaksiatan justeru lebih berat daripada bersabar dalam ketaatan. Syaikh Al Utsaimin menjelaskan, Seperti misalnya cobaan yang menimpa seorang laki-laki berupa godaan wanita cantik yang mengajaknya untuk berzina di tempat sunyi yang tidak diketahui siapapun selain Allah, sementara laki-laki ini masih muda dan memendam syahwat dalam dirinya. Maka bersabar agar tidak terjatuh dalam maksiat seperti ini menjadi lebih sulit bagi jiwanya. Bisa jadi mengerjakan sholat seratus rokaat itu lebih ringan baginya daripada harus menghadapi beratnya ujian semacam ini. (Al Qoulul Mufid, Syaikh Al Utsaimin)
Artikel Terkait

7 comments:

  1. motivasi it daya kerjany hebat skli :)

    bajuqueen.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Wkwkwk sabar itu emang susah ^^ apalagi kalo kena tipu orang ^^ rasanya emosi deh

    Learn Online Business

    ReplyDelete
  3. Bersabar memang sulit. Tapi karena itulah pahala bersabar itu juga besar...^_^
    Semoga kita termasuk ke dalam golongan orang2 yang sabar dan tak pernah lupa untuk selalu bersyukur..Amin...

    ReplyDelete
  4. Kunjungngan perdana dan salam kenal

    SABAR adalah kata kunci untuk menjalani kehidupan ^_^.

    ReplyDelete
  5. kunjungan silaturrahmi lam kenal..sekalian aku followers no 38 ..trims dan sukses slalu

    ReplyDelete
  6. ga ada yang perlu disesali, yang terjadi biar terjadi dan jadikan kesalahan sebagai pengalaman berharga (hehehe,,, kayak lagu aja ya,,,)

    ReplyDelete