Jul 27, 2010

Mengatasi Flu di Masa Pancaroba

Mengatasi Flu di Masa Pancaroba.
Geniuslifetips menyajikan aneka Tips Kesehatan. Kesehatan adalah kenikmatan luar biasa yang diberikan oleh Allah SWT kepada makhluknya. Sudah sepantasnya kita senantiasa mensyukuri nikmat kesehatan yang telah diberikan oleh Allah SWT kepada kita.

Begitu pentingnya kesehatan itu sehingga Rasulullah SAW memberikan pesan kepada kita untuk senantiasa memanfaatkan dan memperhatikan lima perkara sebelum datangnya lima perkara:
"Ambillah lima perkara sebelum datangnya lima perkara, yaitu hidupmu sebelum datang ajalmu, jagalah kesehatanmu sebelum datang sakitmu, manfaatkan sebaik-baiknya kesempatanmu sebelum datang kesibukanmu, manfaatkan masa mudamu sebelum datang waktu tuamu, manfaatkanlah waktu kayamu sebelum datang waktu fakirmu. (HR. Ahmad dan Baihaqi)"

Salah satu dari lima pesan Rasulullah SAW tersebut, adalah agar kita selalu menjaga  kesehatan, sebelum datangnya waktu sakit.

Penyakit yang sering dialami kebanyakan orang adalah flu. Yang perlu diketahui tentang influenza adalah bahwa influenza bisa sembuh sendiri tanpa harus mengkonsumsi obat. Caranya cukup dengan beristirahat, maka sistem pertahanan tubuh akan membasmi virus penyebab sakit. Namun saat penyakit menyerang, tubuh biasanya tidak nyaman dan kondisi itu bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Hal-hal yang bisa kita lakukan untuk, menjaga kesehatan tubuh di musim pancaroba, antara lain :
1. Mengonsumsi makanan bergizi dan teratur sesuai dengan pola makan sehat.
2. Tetap berolahraga secara teratur. Jika cuaca tidak memungkinkan, olahraga bisa dialihkan di dalam ruangan.
3. Beristirahat yang cukup, terutama setelah melakukan aktivitas yang menguras energi dan pikiran. Cara istirahat yang paling sederhana adalah tidur dalam waktu yang cukup.
4. Selalu berpikir positif, tidak stres atau larut dalam suasana yang menekan. Pikiran yang terbebani dapat mengurangi daya tahan tubuh.
5. Jika memang tubuh merasa tidak nyaman, keluhan itu bisa diredakan dengan mengonsumsi obat yang sesuai dan dalam dosis yang dianjurkan

Demikian artikel tentang Mengatasi Flu di Masa Pancaroba, semoga bermanfaat buat anda
Artikel Terkait

2 comments:

  1. wah terima kasih infonya sob, bermanfaat
    chord gitar

    ReplyDelete
  2. Trm ksh atas kunjungannya ke blog saya, Mas. Ini merupakan info bagus dan terkini.
    Salam Jabat Erat & Kunjungan perdana

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...