Jul 26, 2010

Kunci Pembuka Rejeki

Apakah sebenarnya kunci pembuka rejeki?
Inilah Kunci Pembuka Rejeki, terukir indah di dalam Al Quran:
"Barangsiapa yang bertaqwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan ke luar. Dan memberinya rezki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya.
(QS. Thalaaq 65:2-3)

Belajar Dari Burung
Mari kita perhatikan burung-burung di pagi hari. Dalam keadaan perut kosong, mereka keluar dari sarang, mengepakkan sayap, bergerombol terbang di angkasa, untuk tujuan mencari makanan bagi dirinya, juga anaknya. Ketika malam tiba, kawananan burung pun kembali ke sarang dalam kondisi perut telah terisi. Burung, makhluk lemah itu tidak menghabiskan waktunya hanya dengan bermalas-malasan di sarang, atau berlompatan di antara dahan-dahan pepohonan sambil bersiul dan bernyanyi, atau hanya sekedar berputar-putar di angkasa tanpa tujuan sambil berharap jatah rejekinya datang. Tidak. Mereka pergi untuk bekerja mencari makan. Mereka pun mendapatkannya.

Berdasarkan ayat di atas jelas bahwa kunci pembuka rejeki adalah tawakal dengan sungguh-sungguh. Bersandar, berlindung, dan menyerahkan segala urusan kepada Allah SWT disertai dengan usaha tentunya. Tawakal berarti kita harus bekerja keras dengan diiringi semangat pasrah kepada-Nya dan ridha atas ketentuan-Nya.

Tawakal adalah bergerak terus tanpa diam dan diam terus tanpa bergerak. Yang dimaksud bergerak terus tanpa diam adalah selalu berusaha tanpa henti. Sedangkan yang dimaksud diam terus tanpa bergerak adalah hati yang selalu merasa tenang kepada Allah SWT dan tidak berpaling dari-Nya, rida dengan ketentuan-Nya.

Artikel Terkait

3 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...