Jul 24, 2010

Awet Muda Karena Gemar Membaca

Awet  Muda Karena Gemar Membaca.
Geniuslifetips menyajikan artikel dan tips Pengembangan Diri. Pengembangan diri merupakan bentuk perwujudan dari aktualisasi diri, yaitu proses untuk mewujudkan dirinya yang terbaik sejalan dengan potensi dan kemampuan yang dimilikinya. Setiap individu mempunyai kekuatan yang bersumber dari dirinya, namun banyak orang yang merasa tidak mempunyai kemampuan apa-apa, merasa dirinya tidak berguna dan tidak mampu mencapai aktualisasi diri.

Salah satu usaha untuk mengembangkan diri adalah dengan membaca. Berbahagialah bagi yang gemar membaca, karena membaca memiliki banyak manfaat. Sayang di negara kita belum terlalu digalakkan budaya membaca. Seandainya budaya membaca ini menjadi tradisi, tentu masyarakat menjadi lebih pintar dan tidak akan ketinggalan dibandingkan negara maju.

Salah satu manfaat membaca adalah dapat mengaktifkan otak. Dengan membaca, otak diajak untuk memperhatikan kata demi kata yang ada pada bacaan. Kalimat-kalimat menarik merangsang saraf otak untuk bekerja, berpikir, dan mengamati hal menarik tersebut.

Membaca dapat membuat Anda awet muda. Artinya, membuat awet muda bisa dengan cara psikis dan fisik.

Manfaat membaca secara psikis
Dengan membaca dapat membangun watak pribadi seseorang. Misalnya : bagaimana menyikapi permasalahan dalam kehidupan tidak dipandang hanya dari satu sisi kacamata pribadi, tetapi dari berbagai sisi kacamata orang lain, sehingga bisa lebih bijaksana dan arif dalam menjalani kehidupan.

Manfaat membaca secara fisik
Dengan membaca dapat memperoleh kekayaan pengetahuan dari berbagai informasi yang telah dibaca. Misalnya : cara merawat muka, cara diet, cara merawat tubuh dan berbagai informasi lain yang mendukung fisik kita agar tampil awet muda.

Mengasah otak dengan membaca, berarti memacu fungsi syaraf otak untuk selalu berpikir, sehingga tidak menyebabkan pikun. Semakin tambah usia, otak manusia semakin tidak digunakan, maka syaraf otak bisa mengkerut. Itulah sebabnya orang tua menjadi pikun. Salah satu penyebabnya adalah kurang mengasah otak untuk berpikir dengan membaca.

Dengan membaca kita akan terlihat awet muda dan tidak akan pikun di usia tua.

Mari budayakan membaca.........
Artikel Terkait

1 comments:

  1. wah info yang bagus kawan...
    aku juga hobi membaca sejak kecil, tapi akhir2 ini aku jarang membaca buku...mungkin karena asiknya nongkrong depan komputer. kalo baca cerita depan komputer rasanya beda kayak baca lewat buku hehehhe...

    ReplyDelete